No image available for this title

Kerja Praktik

Controlling dan Tracking Unit GPS PT. Primanusa Globalindo



PT Primanusa Globalindo, perusahaan dengan fokus awalnya adalah trading company, berdiri pada tahun 2002. Namun, kini perusahaan ini memiliki fokus di bidang fleet management system dengan target pasar yaitu perusahaan perminyakan dan gas, hal itu terjadi seiring perkembangan waktu dan perkembangan teknologi yang mewajibkan setiap perusahaan mengembangkan inovasinya agar tetap berdiri.Perusahaan ini menyediakan layanan penjualan barang berhubungan dengan GPS serta memberikan jasa untuk memantau keadaan unit yang diproduksi.
Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem navigasi atau penentu posisi yang memanfaatkan satelit. Selama masih menerima sinyal GPS yang dipancarkan dari satelit, GPS didesain untuk memberikan posisi dan informasi mengenai alat di seluruh dunia tanpa tergantung oleh waktu ataupun cuaca. Dalam menentukan posisi GPS, digunakan nilai koordinat x dan y atau garis bujur dan garis lintang.
PT.Primanusa Globalindo memiliki sistem yang memungkinkan untuk mengolah data yang dikirimkan oleh unit GPS. Sistem yang digunakan adalah Gtrack. Unit GPS berisi informasi berupa event-event yang terjadi pada unit. Event-event yang terjadi pada unit dapat berupa battery power failure, battery power low, GPS antena remove, GPS failure, impact detect, power cut dan hal yang lainnya. Untuk mendapatkan data-data pada unit GPS dilakukan generate mileage month summary report, exception summary dan lost tracking. Generate report dilakukan agar dapat mengetahui event-event yang terjadi pada unit GPS sehingga dapat dilakukan maintanance pada unit. Selain itu unit GPS mengirimkan pesan-pesan saat terjadi error atau terjadi perubahan settingan. Jika telah terjadi kesalahan atau error maka unit GPS akan mengirimkan pesan dengan jumlah yang banyak sehingga harus dilakukan issue command untuk maintanance unit GPS.
Adapun pesan-pesan yang dikirim oleh unit GPS berupa informasi kecepatan, titik koordinat, jam dan lainnya. Issue command juga dilakukan jika exception summary mempunyai event yang penting dengan jumlah count lebih dari 100 dan PT.Primanusa Globalindo memiliki divisi yang bertugas memberikan layanan untuk memonitor dan melakukan tracking untuk unit-unit yang dibutuhkan infonya oleh client sehingga perlu dilakukan monitoring dan tracking terhadap unit GPS.
Keyword : PT.Primanusa Globalindo, Global Positioning System (GPS)


Ketersediaan

KP1657301068Perpustakaan PCRTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP SI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
ii, 74 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP SI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this