No image available for this title

Kerja Praktik

Rancang Bangun Antarmuka Aplikasi Menentukan Informasi Promo Terbaik Berbasis WEB



Promosi adalah kegiatan memberikan informasi kepada konsumen, memengaruhi, dan menghimbau khalayak ramai (William J, 1993). Dengan adanya promosi diharapkan akan menaikkan tingkat permintaan atau penjualan. Pada praktiknya dilapangan, berbagai macam promosi dilakukan perusahaan agar mampu menarik perhatian customer dan memenangkan persaingan dengan kompetitor. Contoh promosi yang kerap dilakukan antara lain membeli sebuah produk yang ditentukan lalu mendapat produk yang sama dengan biaya yang gratis, mendapatkan potongan harga dengan persentase yang diberikan, dan potongan harga langsung yang diberikan oleh perusahaan. Dari tiga contoh jenis promosi yang disebutkan diatas, perusahaan dapat merealisasikan promosi dengan berbagai cara sesuai target pasar dan kreatifitas perusahaan dalam mengemas kampanye promosi mereka.
Saat ini dengan berkembangnya Teknologi Informasi (TI) perusahaan kerap melakukan penawaran promosi secara digital. Hal tersebut dikarenakan perusahaan akan lebih mudah dan lebih luas dalam menjangkau target pasar. Perusahaan melakukan kerjasama dengan berbagai platform E-Commerce, E-Payment, bahkan dengan pihak bank. Dengan customer yang saat ini telah memiliki kebiasaan berbelanja secara online, secara tidak langsung menjadi keharusan bagi perusahaan untuk terus memberikan promosi menarik menggunakan medium Teknologi Informasi.
Dengan banyaknya aplikasi memiliki layanan yang sama. Membuat user terkadang kebingungan memilih promosi terbaik dari aplikasi yang mereka miliki, bahkan memerlukan waktu lebih untuk melihat promosi dari aplikasi yang dimiliki. Belum lagi promosi yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah yang sering kali tidak di sadari oleh nasabah itu sendiri. Hal ini terjadi karena tidak semua promosi yang diberikan oleh pihak bank bekerja sama dengan E-Commerce, pihak bank memberikan informasi promonya melalui website bank itu sendiri.
Dengan permasalahan yang dijelaskan diatas, diperlukannya sebuah aplikasi yang mampu menjawab dua permasalahan utama, yang pertama yaitu terkait aplikasi yang mengumpulkan promosi dari berbagai layanan yang dimiliki oleh user. Yang kedua dibutuhkannya aplikasi yang mampu merekomendasikan promosi terbaik dari berbagai E-Commerce, E-Payment, kartu debit, dan kartu kredit. Aplikasi Pricelle adalah aplikasi berbasis website dan android yang memberikan layanan berupa informasi promosi yang memiliki empat kategori yaitu tiket penerbangan, tiket hotel, bioskop, dan tagihan. Kategori promosi yang disediakan Pricelle didasari atas riset terkait kebiasaan user mencari promosi dan mengambil kesimpulan transaksi mana yang paling sering user lakukan secara digital. Nantinya, promosi yang akan ditampilkan sesuai dengan E-Commerce, E-Payment, kartu debit, dan kartu kredit yang dimiliki user. Terkait rekomendasi promosi, aplikasi Pricelle menggunakan perhitungan berdasarkan analisis skema promosi yang ada di berbagai layanan yang menyediakan promosi. Setelah dilakukan analisis, maka selanjutnya dilakukan survei ke pengguna yang selalu melakukan transaksi menggunakan layanan penyedia promosi. Berdasarkan hasil survei didapatkan enam kriteria penting dalam pola promosi antara lain minimal transaksi, maksimal transaksi, maksimal cashback, maksimal diskon, persentase promo, dan nilai pasti promo. Dari enam kriteria tersebut memiliki urutan prioritas yang berbeda-beda tiap kategorinya. Urutan kriteria akan menjadi acuan perhitungan promosi mana yang akan direkomendasikan kepada user. Promosi yang akan muncul di halaman user akan ditampilkan berurutan berdasarkan hasil tertinggi dari nilai perhitungan.
Berdasarkan penjelasan latar belakang di atas, maka dirancang tampilan website Pricelle dengan judul penelitian “Rancang Bangun Antarmuka Aplikasi Menentukan Promo Terbaik Berbasis WEB”. Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan akan mempermudah user melihat dari berbagai aplikasi yang dimiliki dan mendapatkan rekomendasi promosi terbaik dari berbagai sumber promosi.


Ketersediaan

KP1657301033Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP SI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
viii, 67 hlm., 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP SI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this