No image available for this title

Kerja Praktik

Analisis Desain Interface Sistem Kearsipan Bpjs Ketenagakerjaan Kanwil Sumbarriau (Modul : User)



Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui 4 program jaminan sosial ketenagakerjaan yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun. BPJS Ketenagakerjaan memberikan layanan kepesertaan bagi tenaga kerja maupun perusahaan. Peserta yang akan menerima BPJS Ketenagakerjaan yaitu Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, Jasa Konstruksi, dan Pekerja Migran Indonesia. Penyelenggaraan program jaminan sosial merupakan salah satu tanggung jawab dan kewajiban negara untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat.
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbar Riau adalah salah satu kantor wilayah yang menangani beberapa kantor cabang dan kantor cabang perintis di wilayah Sumbar Riau. BPJS Ketenagakerjaan memiliki beberapa bidang salah satunya bidang IT (Information Technology). Bidang ITBPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbar Riau bertanggung jawab untuk membantu karyawan BPJS Ketenagakerjaan yang berkaitan dengan IT dan membuat aplikasi yang dibutuhkan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbar Riau.
BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbar Riau memiliki beberapa sistem yang berfungsi sebagai media informasi dan sebagai media kerja yang akan mempermudah seluruh karyawan-karyawan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbar Riau. Salah satu sistem yang ada yaitu sistem kearsipan yang berfungsi untuk melakukan pendataan atau rekap seperti transaksi surat, surat telah disposisi, buku agenda, dan lainnya. Untuk mengetahui apakah sistem sudah berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan user maka perlu adanya evaluasi dan analisa sistem.
Berdasarkan permasalahan diatas, dalam pengembangan aplikasi ini perlu dilakukan pengujian antarmuka agar dapat mengetahui tingkat kemudahan dan kenyamanan pengguna sistem. Analisa sistem ini akan menggunakan metode blackbox testing dan User Acceptance Testing(UAT), maka dibuatlah laporan kerja praktik ini dengan judul “Analisis Desain Interface Sistem Kearsipan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbarriau (Modul : User)“. Dengan adanya analisa sistem kerasipan ini diharapkan dapat membantu memudahkan mencari dalam proses pendataan atau rekap kearsipan di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Sumbarriau.


Ketersediaan

KP1657301015Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP SI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
ix, 75 hlm., 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP SI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this