No image available for this title

Kerja Praktik

Implementasi Data Warehouse Dan Penerapannya Pada List Lowongan Pekerjaan Menggunakan Tool Pentaho



Informasi yang cepat dan akurat sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Informasi akan menjadi suatu elemen penting dalam perkembangan masyarakat saat ini dan waktu mendatang, namun kebutuhan informasi yang tinggi kadang tidak diimbangi dengan penyajian informasi yang memadai. Sering kali informasi tersebut masih harus di gali ulang dari data yang jumlahnya sangat besar.
Lowongan Kerja adalah Sebuah kesempatan kerja pada posisi tertentu di instansi atau tempat usaha yang tersedia untuk individu maupun kelompok yang telah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Sehingga diperlukan data yang cukup untuk mengetahui jumlah lowongan kerja setiap bulannya.
Data warehouse merupakan penyimpanan data tetap sebagai implementasi fisik dari pendukung keputusan model data. Data warehouse juga biasanya dilihat sebagai arsitektur, pembangunan dan penyatuan data dari bermacam macam sumber data yang berbeda untuk mendukung struktur dan atau query tertentu, laporan analisis, dan pembuatan keputusan (Han, 2006).
Untuk menghasilkan data warehouse dapat menggunakan Extract, Transform, dan Load (ETL) merupakan sebuah sistem yang dapat membaca data dari suatu data store, merubah bentuk data, dan menyimpan ke data store yang lain. Data store yang dibaca ETL disebut data source, sedangkan data store yang disimpan ETL disebut target.
Aplikasi ETL tersedia di dalam Pentaho Data Integration (PDI) Kettle. Pentaho Data Integration (PDI) Kettle adalah software Open Source dari Pentaho yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan data. Kettle menyediakan fasilitas ETL (Extraction, Transformation dan Loading). Kettle dapat digunakan untuk membersihkan data, loading dari file ke database atau sebaliknya dan migrasi antar aplikasi dalam volume besar. Versi komersial dari Kettle adalah Pentaho Data Integration (PDI).
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis akan menganalisis serta merancang data warehouse daftar lowongan pekerjaan dengan menggunakan pentaho untuk mengetahui jumlah lowongan pekerjaan setiap bulannya selama 3 bulan terakhir.


Ketersediaan

KP1755301079KP TIPerpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
vii, 48 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this