No image available for this title

Kerja Praktik

Klasifikasi Efek Perlakuan Methadone Terhadap Aktifitas Otak Menggunakan Methadone Terhadap Aktifitas Otak Menggunakan Metode Fuzzy



NAPZA merupakan kepanjangan dari narkotika dan obat berbahaya sering disebut juga (narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya). Istilah NAPZA umumnya digunakan oleh pihak kedokteran yang menitikberatkan pada upaya penanggulangan dari segi kesehatan fisik, psikis, dan sosial. Kecanduan narkoba menjadi masalah yang sangat serius, sehingga salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut dilakukan terapi dengan menggunakan methadone. Methadone adalah obat yang digunakan untuk mencegah gejala putus obat yang muncul ketika tubuh memberikan efek negatif terhadap penghentian penggunaan NAPZA.
Klasifikasi ini akan melihat bagaimana aktivitas gelombang otak ketika pasien sebelum menggunakan methadone dan sesudah menggunakan methadone pada setiap lobus otak (Brain Lobe).
EEG adalah suatu alat yang mempelajari gambar dari rekaman aktivitas listrik di otak, termasuk teknik perekaman EEG dan interpretasinya, dengan jenis sinyal P300. Sinyal EEG akan menghasilkan gelombang delta (δ), theta (θ), alpa (α), beta 1 (β1), beta 2 (β2), dan gamma (γ). Gelombang delta (δ) adalah kondisi yang muncul pada saat seseorang tidur nyenyak.
Data perekaman otak subjek yang digunakan adalah sebanyak 8 subjek (8 orang). Setiap subjek dilakukan 2 pengujian yaitu similar pre dan similar post. Similar pre adalah data rekaman EEG subjek sebelum menggunakan methadone. Similar post adalah data rekaman EEG subjek sesudah menggunakan methadone. Subjek diberikan jenis stimulus similar. Stimulus similar adalah kumpulan gambar yang mirip dengan narkoba. Kumpulan gambar terdiri dari 4 gambar stimulus non-target (gambar mirip narkoba dan berbeda dengan narkoba) dan 1 stimulus target dengan 10 urutan berbeda (total 20 detik). Data hasil perekaman ini nantinya akan diekstraksi dengan sinyal EEG-P300.
Pada klasifikasi ini maka digunakan perangkat lunak MATLAB. Perangkat lunak MATLAB adalah bahasa pemrograman tinggi, tertutup, dan case sensitive dalam lingkungan komputasi numerik yang dikembangkan oleh MathWorks. Salah satu kelebihannya yang paling populer adalah kemampuan membuat grafik dengan visualisasi terbaik. Matlab mempunyai banyak tools yang dapat membantu berbagai disiplin ilmu.


Ketersediaan

KP1755301046TK TIPerpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TK TI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
x, 62 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TK TI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this