No image available for this title

Kerja Praktik

Rancang Bangun Sistem Penginputan Data Site Dan Kegiatan Unit Whosale Access Network Berbasis Website (Studi Kasus : PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Ridar)



PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Ridar merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi yang khusus menangani pelanggan dalam wilayah Riau. Perusahaan ini memiliki unit-unit, salah satunya adalah Wholesale Access Network (WAN). Unit WAN bertanggung jawab untuk menangani pelanggan wholesale berupa operator telekomunikasi (XL, INDOSAT, Tri, dsb.), badan perusahaan, dll. Tugas dari unit WAN yaitu; Fullfillment / New Installation (pemasangan jaringan baru) dan Assurance (pemeliharaan jaringan). Kedua tugas tersebut dilakukan oleh petugas teknisi yang sudah dibentuk khusus oleh perusahaan dengan cara kerjanya yang terjun langsung ke lapangan. Unit WAN sudah memiliki sebuah sistem informasi bernama “Access Tools”. Sistem ini dibangun menggunakan php dengan database Oracle 10g dan berjalan pada sistem operasi Suse Linux Enterprise. Sistem ini merecord data pelanggan wholesale atau data site, menampilkan informasi status tower pelanggan, menginputkan, mengupdate, menghapus, dan mencari data site dan data kegiatan (perbaikan) yang dilakukan. Selain itu, sistem ini sudah terhubung dengan google earth sehingga user bisa mengetahui lokasi tower pelanggan dan juga terhubung dengan aplikasi Telegram untuk mendapatkan notifikasi gangguan, mengecek status tower melalui pesan bot.
Berdasarkan penjelasan diatas, unit WAN membutuhkan sebuah sistem penginputan data site dan data kegiatan berbasis website sebagai inovasi baru dan pengembangan dari sistem “Access Tools” agar dapat berjalan selain di platform Suse Linux Enterprise yaitu Windows dengan menggunakan xampp. Selain itu, tujuan sistem ini dibangun adalah sebagai tugas project yang dikerjakan selama kerja praktik secara WFH (Work From Home) karena menyesuaikan keadaan yang sedang pandemi dan materi yang dipelajari selama perkuliahan. Atas dasar tersebut mendorong penulis membuat sebuah penelitian dengan judul “Rancang Bangun Sistem Penginputan Data Site & Kegiatan Wholesale Access Network Berbasis Website (Studi Kasus: PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Ridar)”. Diharapkan inovasi ini dapat membantu unit WAN mengelola data site dan data kegiatan, dapat meningkatkan validitas data teknis, dan meningkat pengawalan progress kegiatan pegawai unit WAN.


Ketersediaan

KP1755301105KP TIPerpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xi, 77 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this