No image available for this title

Kerja Praktik

Sistem Pengendali Sinyal EMG Untuk Kendali Gerak Pada Electric Wheelchair



Pelaksanaan kerja praktik merupakan suatu kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk terjun ke lapangan pekerjaan secara langsung. Kerja praktik juga merupakan salah satu wadah untuk menuangkan ide atau gagasan para mahasiswa dalam melakukan kegiatan nyata, sehingga kondisi seperti itu membuat proses pemahaman selama di bangku kuliah lebih baik. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan apa yang belum didapat selama di bangku kuliah (pengalaman baru) dan sebagai pengembangan proses ide yang selalu berkembang.
LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) merupakan sebuah lembaga pemerintah yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian ilmu pengetahuan. Salah satu penelitian yang dilakukan berkaitan dengan kursi roda elektrik dengan memanfaatkan sinyal Elektroencephalogram Based Steady State Visual Evoked Potential (EEG-SSVEP). Brain-controlled wheelchair merupakan integrasi sistem kursi roda elektrik dengan memanfaatkan sinyal EEG. Sinyal EEG diolah oleh Brain Computer Interface (BCI) agar dapat menerjemahkan sinyal EEG menjadi informasi untuk menggerakkan kursi roda elektrik.
Seringkali kendala yang ditemukan adalah subjek yang kurang konsentrasi atau panik mengakibatkan data yang direkam EEG tidak dapat menggerakan kursi roda sesuai perintah pengguna. Untuk itu dibutuhkan alat bantu keselamatan, salah satu contoh adalah menambahkan Electromyogram (EMG) sebagai pengendali opsional. EMG mampu merekam sinyal listrik pada otot manusia saat terjadi kontraksi. Lengan diamati sebagai input pengendali gerak kursi roda. EMG dipasang pada otot deltoid anterior dan otot deltoid posterior karena pergerakan yang dilakukan lengan memberikan kontraksi pada otot tersebut. Aktivitas yang dilakukan oleh lengan memiliki pola EMG yang berbeda-beda. Penambahan EMG ini dapat digunakan bagi pengguna yang mampu menggerakkan lengan atau penyandang disabilitas yang anggota gerak tubuhnya tidak lumpuh sepenuhnya, sehingga dapat membantu mengendalikan kursi roda jika sistem pengendali EEG tidak merespon atau terjadi ketidaksesuaian perintah.


Ketersediaan

KP1755301021KP TIPerpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
40 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this