No image available for this title

Kerja Praktik

Sistem Pergudangan ATK PT. PLN (PERSERO) UP3 Pekanbaru (Modul : User Unit & Manajer )



Saat sekarang ini perkembangan teknologi yang canggih dapat membuat persaingan dalam memasuki dunia kerja semakin kuat. Untuk menghadapi situasi seperti ini, setiap mahasiswa harus memiliki persiapan yang matang dengan cara meningkatkan kemampuan di bidang teknologi serta soft skill. Bagi seseorang yang belum mendapati pengalaman kerja banyak sekali rintangan dan hambatan untuk terjun kedunia pekerjaan, seperti hal nya ilmu pengetahuan yang diperoleh dari kampus bersifat statis (kaku terhadap kegiatan dunia kerja yang nyata), teori yang diperoleh belum tentu sama dengan praktik kerja di lapangan, dan keterbatasan waktu dan ruang yang mengakibatkan ilmu pengetahuan yang diperoleh masih terbatas. Oleh karena itu, maka Politeknik Caltex Riau menetapkan mata kuliah di Prodi Teknik Informatika semester VI yaitu kerja praktik (KP) agar para mahasiswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan yan g tidak diberikan oleh kampus.
Pada kesempatan ini kerja praktik dilakukan di PT. PLN (Persero) UP3 Pekanbaru yang berlokasi di Jl. Dr. Setia Budhi No.57, Rintis, Kec. Lima Puluh, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Dan di tempatkan di bidang KEU & SDM, ADM. Tujuan utama PT.PLN (Persero) adalah mengelola serta pemanfaatan 2 sumber daya alam untuk penyediaan tenaga listrik yang nantinya akan disalurkan ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia.
PT. PLN (Persero) UP3 Pekanbaru bertanggung jawab mengawasi kinerja 13 kantor ULP yang ada di Riau. Salah satu tugas dari bagian KEU, dan SDM, ADM yaitu mengelola pergudangan ATK. Dalam hal ini PT. PLN (Persero) UP3 Pekanbaru berperan sebagai Kepala Gudang Alat Tulis Kantor (ATK), dimana setiap ULP yang memerlukan ATK tinggal minta ke gudang ATK. Tujuan diadakannya gudang ATK ini agar dapat memonitoring setiap barang masuk dan barang keluar. Namun dikarenakan pergudangan ini masih dikelola dengan cara manual (tulis tangan, serta input di excel sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam memonitoring barang-barang di gudang. Berdasarkan permasalahan tersebut, Maka dibuatlah sebuah sistem pergudangan dengan judul “SISTEM PERGUDANGAN ATK PT. PLN (Persero) UP3 Pekanbaru (MODUL : USER UNIT & MANAJER ).
Sistem pergudangan ATK PT. PLN (Persero) UP3 Pekanbaru dibuat dengan menggunakan framework CodeIgniter dan databasenya menggunakan MySQL. CodeIgniter adalah sebuah web application framework yang bersifat open source digunakan untuk membangun aplikasi PHP yang dinamis. Tujuan utama pengembangan CodeIgniter adalah untuk membantu developer dalam mengerjakan aplikasi dengan lebih cepat dari pada menulis semua kode program dari awal. Hal ini dikarenakan 3 telah tersedia berbagai macam library yang dapat digunakan secara langsung oleh developer.
Diharapkan dengan pembuatan sistem pergudangan ATK PT. PLN (Persero) UP3 Pekanbaru ini dapat mempermudah kinerja PT.PLN (Persero) UP3 Pekanbaru


Ketersediaan

KP1755301063KP TIPerpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
viii, 67 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this