No image available for this title

Kerja Praktik

Kontrol Kecepatan Motor Tergadap Kemiringan Sudut Pada Permukaan Tombok Berbasis Sensor Ultrasonic HC-SR04



Pelaksanaan kerja praktik merupakan suatu kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk terjun ke lapangan pekerjaan secara langsung. Kerja praktik juga merupakan salah satu wadah untuk menuangkan ide atau gagasan para mahasiswa dalam melakukan kegiatan nyata, sehingga kondisi seperti itu membuat proses pemahaman selama di bangku kuliah lebih baik. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan apa yang belum didapat selama di bangku kuliah (pengalaman baru) dan sebagai pengembangan proses ide yang selalu berkembang.
LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) merupakan sebuah lembaga pemerintah yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian ilmu pengetahuan. Salah satu penelitian yang dilakukan berkaitan dengan kursi roda elektrik dengan memanfaatkan sinyal Elektroencephalogram Based Steady State Visual Evoked Potential (EEG-SSVEP). Brain-controlled wheelchair merupakan integrase sistem kursi roda elektrik dengan memanfaatkan sinyal EEG. Sinyal EEG diolah oleh Brain Computer Interface (BCI) agar dapat menerjemahkan sinyal EEG menjadi informasi untuk menggerakkan kursi roda elektrik (Azmira Mifti Harjana, 2018). Seiring berjalannya waktu muncul kekhawatiran akan keamanan dan kenyaman pengguna brain-controlled wheelchair. Kekhawatiran ini muncul karena pengguna brain-controlled whellchair kesulitan untuk berhenti jika berhadapan dengan objek / halangan yang ada di depannya.
Oleh karena itu, perancangan sistem brain-controlled wheelchair harus dilengkapi dengan kemampuan deteksi rintangan / objek agar dapat mencegah terjadinya kecelakaan saat BCI tidak dapat beroperasi dengan baik. Perhitungan jarak pada rintangan dibutuhkan untuk deteksi adanya rintangan / objek. Proses pengukuran jarak berbasis Ultrasonic dilakukan untuk menganalisis dan menghitung jarak objek ke rintangan secara real-time.
Pada projek kerja praktek kali ini diimplementasikan sistem pengukuran jarak pada objek secara real time menggunakan Ultrasonic Sensor. Sistem ini nantinya akan secara otomatis melakukan deteksi objek dengan mengukur sudut dan pengukuran jarak pada objek yang terdeteksi.


Ketersediaan

KP1755301035KP TIPerpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xii, 45 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this