No image available for this title

Kerja Praktik

Proses Pembuatan Karakter Dengan Konsep 2D Untuk Produksi Film 3D



Proses pembuatan film animasi dilakukan dengan 3 tahapan proses. Tahap pra produksi, produksi, dan post produksi. Concept art termasuk kedalam tahap pra produksi yang berperan untuk menciptakan wujud dari ide dan konsep cerita animasi. Ide dan konsep cerita dikembangkan kedalam bentuk script, storyboard, dan juga concept art yang berupa pencitraan 2 Dimensi ide/konsep cerita, berfungsi untuk membantu proses modelling 3 Dimensi pada tahapan produksi.
Concept art adalah bentuk ilustrasi yang digunakan untuk menyampaikan sebuah ide untuk keperluan pembuatan film, video game, animasi, komik, dan beberapa media lain. (Suwasono, 2017)
Patopo Animation Studio pada awalnya melakukan proyek-proyek besar yang menghasilkan film animasi layar lebar. Namun dengan terjadinya pandemi, Patopo harus mengundur proyek besar. Patopo mulai mendorong pengerjaan proyek yang lebih kecil serta project service dari client untuk mendapatkan profit. Beberapa proyek yang didorong masih berada di tahap pra produksi yang membutuhkan concept art agar tahap pra produksi dapat diselesaikan. Salah satu proyek ini berjudul Something Ate My Teacher.
Concept artist adalah orang yang mengilustrasikan deskripsi ide dan konsep cerita kedalam sebuah gambar 2 Dimensi. Concept artist juga dapat menggunakan referensi gambar yang sudah ada dan sesuai dengan ide/konsep untuk membantu membuat concept art. Media yang digunakan concept artist dalam membuat concept art dengan menggunakan cara tradisional yaitu pensil dan kertas, atau menggunakan aplikasi ilustrasi digital contohnya Paint Tool SAI dan sebuah graphic tablet sebagai alat untuk menggambar ilustrasi dengan tangan.
Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan, maka akan dijelaskan bagaimana proses pembuatan concept art pada tahap pra produksi terutama concept art karakter animasi yang beracuan kepada ide dan konsep cerita proyek berjudul Something Ate My Teacher untuk menjadi referensi 3D modelling karakter animasi pada proses produksi.


Ketersediaan

KP1655301048KP TIPerpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
ix, 45 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this