No image available for this title

Kerja Praktik

Monitoring Gas Berbasis SCADA



SCADA sudah banyak digunakan di industri sebagai Supervisory Control and Data Acquisition dari proses-proses industri. Tuntutan hasil produksi yang optimal dengan biaya yang minimum menyebabkan SCADA System semakin dibutuhkan.
SCADA bukan sistem kendali penuh, namun lebih terfokus pada tingkat pengawasan. berdasarkan pengertian di atas, SCADA sebuah perangkat lunak yang ditempatkan di atas perangkat keras dimana sistem ini di-interface-kan yang umumnya melalui Programmable Logic Controller (PLC). SCADA memiliki basic layer yang terdiri dari dua kelompok yaitu: “client layer” yang memenuhi interaksi manusia dan mesin dan “data server layer” yang menangani aktivitas data kendali proses. Berdasarkan arsiteturnya, SCADA System memiliki dua bagian yaitu arsitektur perangkat keras, dan arsitektur perangkat lunak. Komponen-komponen yang membangun SCADA adalah communication, trasformation, data logging, alarm, HMI, dan interface.
SCADA dapat memantau beberapa plant dalam waktu yang bersamaan, menunjukkan keadaan proses dari plant, dan menggambarkan kencendrungan dari sebuah parameter. SCADA juga dapat menyimpan data dari proses pada sebuah arsip.


Ketersediaan

KP1820402002Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TT
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xii, 58 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TT
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this