No image available for this title

Kerja Praktik

Perancangan Sistem E-Arsip Pada Pt Deco Internusa Cemerlang



Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan kebutuhan suatu sistem yang terkomputersasi dengan baik menjadi suatu kebutuhan bagi setiap perusahaan. Sebagian besar perusahaan besar maupun menengah sudah mulai menggunakan teknologi dalam menjalankan perusahaannya. Mulai dari informasi perusahaan hingga penyimpanan dan pengolahan data yang penting cenderung sudah dibebankan kepada teknologi berupa sistem. Selain membantu perusahaan menjadi lebih cepat dan efisien, sistem yang terprogram dengan baik mampu menekan biaya pengeluaran terhadap perusahaan.
Salah satu peran penting sistem terhadap perusahaan adalah dapat menyimpan data-data penting dalam bentuk file. Seperti data pegawai, transaksi, dan data-data lainnya. Jika sebelumnya sebuah perusahaan memerlukan ruangan khusus beserta rak atau lemari untuk menyimpan data-data penting dalam bentuk arsip berkas, kini dengan adanya sistem penyimpanan data maka data dapat disimpan kedalam database dalam bentuk file. Selain mudah di akses dan ditemukan, data-data tersebut juga akan lebih aman karena tidak berbentuk fisik yang mudah hilang maupun rusak.
Pada PT Deco Internusa Cemerlang, penggunaan teknologi dalam perusahaan bukan hal yang asing lagi, salah satunya adalah sistem kehadiran yang sudah digunakan oleh para pegawai yang merupakan sistem untuk mengetahui dan melacak kehadiran semua pegawai diperusahaan. Dengan menggunakan sistem ini maka atasan akan lebih mudah dalam mengontrol kinerja terhadap para pegawainya.

Beberapa permasalahan sering terjadi pada PT Deco Internusa Cemerlang, salah satunya adalah ketika data-data penting dari pegawai terhapus ataupun lupa saat menyimpan datanya. Sementara berkas fisik yang menjadi sumber data tersebut telah hilang karena tercecer ataupun adanya kelalaian dari admin ketika memindahkan berkas. Oleh karena itu, maka perusahaan memutuskan untuk melakukan penyimpanan berkas data-data penting mulai dari surat-surat, dokumen lelang dan berkas lain dalam bentuk hardcopy yang disimpan dalam arsip. Dikarenakan arsip tersebut masih berbentuk hardcopy tanpa adanya backup dalam bentuk data, maka kemungkinan arsip tersebut masih dapat mengalami kerusakan. Oleh karna itu “Sistem E-Arsip Pada PT Deco Internusa Cemerlang” dibutuhkan guna menjadi media backup berkas data yang berbentuk hardcopy tersebut. Nantinya setiap berkas akan dipindai ulang dan disimpan di database.


Ketersediaan

KP1757301029Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP SI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
ix, 31 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP SI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this