No image available for this title

Proyek Akhir

Pengaruh Kecepatan Fluida Pendingin (Udara) Terhadap Unjuk Kerja Dan Karakteristik Perpindahan Panas Radiator Sepeda Motor Yamaha Nmax 155CC



Sistem pendingin merupakan bagian utama dalam sebuah engine yang berfungsi untuk menjaga kondisi mesin agar tetap berada pada temperatur kerja, yaitu sebesar 80℃-90℃. Untuk mempertahankan kondisi tersebut dibutuhkan kerja yang optimal dari sistem pendingin. Salah satu komponen sistem pendingin yang penting adalah radiator. Penelitian ini menggunakan metode ɛ-NTU untuk menganalisis data. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah radiator sepeda motor merk Yamaha Nmax 155cc dengan jenis aliran vertikal, flat tube dan louvered fins, kipas/fan sebagai sumber angin simulasi. Komposisi campuran coolant yang digunakan adalah 50% air + 50 % coolant radiator sedangkan laju aliran air adalah konstan yaitu 4 lpm dan temperatur fluida panas di atur konstan 80℃. Variasi kecepatan aliran udara yang digunakan pada pengujian kali ini adalah 4-8 m/s dengan peningkatan 1 m/s untuk mengatur kecepatan aliran udara digunakan Dimmer sebagai alat bantu. Dari pengujian yang telah dilakukan didapat laju massa aliran udara yang paling besar terjadi pada kecepatan kipas 8 m/s. Laju perpindahan panas yang paling besar terjadi dikecepatan kipas 8 m/s sebesar 0,0735 KW dan panas menyeluruh terbesar juga terjadi dikecepatan kipas 8 m/s yaitu sebesar 9,50 W/m2°C. Efisiensi radiator maksimum terjadi pada kecepatan kipas 5 m/s dengan nilai sebesar 7,59
Kata kunci : Efektifitas, Metode É›-NTU , Radiator, Nmax 155cc.


Ketersediaan

PA1721302004Perpustakaan PCRTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this