No image available for this title

Proyek Akhir

Sistem Penilaian Siswa Berprestasi Dengan Penerapan Algoritma K-Means (Studi Kasus : Smp Negeri 29 Pekanbaru)



SMPN 29 Pekanbaru merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang ada di Pekanbaru yang masih menerapkan sistem penilaian secara manual. Sering kali guru menentukan siswa berprestasi hanya berdasar pada nilai rapor semata dan hasil dari atribut atau faktor tersebut didapat dari perhitungan secara manual. Saat ini guru di SMP Negeri 29 Pekanbaru memiliki kesulitan dalam melakukan penilaian siswa berprestasi. Alternatif solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan Pengembangan Sistem Penilaian Siswa Berprestasi berbasis website menggunakan algoritma K-Means Clustering. Cara kerja K-Means yaitu mengelompokkan data berdasarkan kemiripan atau jarak terdekat dari nilai euclidean distance. Hasil dari penelitian ini berupa pengelompokan data nilai siswa berprestasi, sedang atau tidak berprestasi. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan diperoleh persentasi nilai sebesar 96,25% (dengan kategori sangat setuju) yang menunjukkan bahwa Sistem Penilaian Siswa Berprestasi dengan Penerapan K-Means (Studi Kasus : SMP Negeri 29 Pekanbaru) sudah berjalan sesuai yang diinginkan dan telah dapat diterima oleh pengguna.

Kata kunci: Clustering, Euclidean Distance, K-Means, Website.


Ketersediaan

PA1755301095Perpustakaan PCRTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA TI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xii, 69 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA TI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this