No image available for this title

Proyek Akhir

Implementasi Dashboard Business Intelligence Untuk Pengelompokkan Pelanggan Terkendala Berbasis Web (Studi Kasus: PT Telkom Pekanbaru)



PT Telkom Pekanbaru yang berlokasi di jalan Sudirman No.199 ini melayani berbagai keperluan pelanggan telkom, salah satunya pengajuan jaringan telkom IndiHome. Dalam meningkatkan penjualannya, PT Telkom ini berupaya untuk menyelesaikan setiap kendala pemesanan IndiHome oleh pelanggan. Kendala ini biasanya terjadi ketika pemasangan IndiHome yang didata oleh teknisi yang memasangkan IndiHome pelanggan. Selama ini proses menyelesaikan kendala pemasangan membutuhkan waktu karena banyaknya kendala pelanggan yang berbeda-beda setiap harinya, dari banyaknya kendala dibutuhkan pola untuk pengelompokkan semua kendala pelanggan agar memudahkan pihak perusahaan dalam melihat perkembangan kendala setiap pelanggan. Sehingga dibutuhkan sistem untuk menentukan pola pengelompokkan kendala, clustering dapat mengelompokkan data yang memiliki karakteristik yang sama di data set. Salah satu algoritma clustering yang populer adalah k-means. K-means mampu menampilkan dan memetakan jenis kendala pemesanan untuk setiap pelanggan dan hasil dari pengolahan data diimplementasikan menggunakan business intelligence untuk memvisualisasikan data dengan grafik sehingga dapat membantu PT Telkom dalam mengambil keputusan untuk setiap perkembangan kendala pemesanan. Berdasarkan hasil pengujian terhadap sistem yang telah dibangun menggunakan black box, didapatkan hasil bahwa sistem sudah 100% berhasil dibangun sesuai dengan yang diharapkan pengguna. Selanjutnya pengujian User Acceptance Test (UAT) menunjukkan bahwa 91% sistem sudah dapat diterima oleh pengguna dan fitur sistem telah berjalan sesuai fungsinya.

Kata kunci: PT Telkom Pekanbaru, Clustering, K-means, Business Intelligence. User Acceptance Test (UAT), Black Box Testing


Ketersediaan

PA1757301007PA SIPerpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA SI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xiii, 83 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA SI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this