No image available for this title

Kerja Praktik

Alur Pembuatan Kartu Piutang Pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Dumai



Politeknik Caltex Riau merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bertanggung jawab untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) dengan keterampilan dan kompetensi yang tinggi, sehingga lulusan yang dihasilkan memiliki keterampilan serta mendapat perbekalan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari Laporan Kerja Praktik (KP) ini adalah sebagai berikut :
1. Dalam pembuatan dan pengiriman Kartu Piutang seluruh debitur dilakukan dengang tahap yang sama sesuai dengan kontrak perjanjian yang dilakukan antara PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) 1 Cabang Dumai dengan para debitur.
2. Dalam pengiriman Kartu Piutang kepada debitur terbagi atas 2 yaitu per-grub dan pribadi. Contoh pengiriman per-grub adalah Kartu Piutang milik PT. Transt Homal Sejahtera dan PT. Samudera Homal Sejahtera dikirim dalam satu email yang sama karena satu kepemilikan. Contoh pengiriman secara pribadi adalah Kartu Piutang milik Admiral Lines dikirim secara personal kepada pemilik perusahaan atau bagian accounting nya.
3. Dalam pengiriman Kartu Piutang ada beberapa tahap yang harus dilaksanakan yaitu; mengakses website aplikasi Zimbra milik PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) 1 Cabang Dumai, kemudian mengirimkan email dengan mengisi subject, nama subject, attach file Kartu Piutang yang akan dikirimkan kepada debitur, dan mengisi email penerima.
5.2 Saran
Dalam meminimalisir kesalahan ada beberapa saran yang Penulis berikan kepada PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) 1 Cabang Dumai dalam memproses Kartu Piutang sebagai bahan pertimbangan:
1. Selalu memperbaharui data email milik debitur dan konfirmasi piutang debitur yang sudah lunas agar tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman Kartu Piutang kepada para debitur.
2. Agar menindaklanjuti para debitur yang sudah lama menunggak piutang atau tidak memberikan kabar terkait piutang para debitur sesuai kontrak perjanjian yang sudah disepakati kedua belah pihak.
3. Pada Divisi Keuangan agar dapat memisahkan departemen yang ada di dalam bagian tersebut dan tidak terjadi rangkap tugas, seperti contohnya ada bagian khusus untuk penagihan piutang dan lain sebagainya.
Kata Kunci : Piutang, Kartu Piutang


Ketersediaan

KP1862401036Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP AKT
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
ix, 56 hlm.;21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP AKT
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this