No image available for this title

Kerja Praktik

Prosedur Penginputan Pencairan Dana BKU Menggunakan Web SIPKD Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kampar



Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki nilai kompeten dalam dunia kerja memerlukan pengalaman, untuk mendapatkan pengalaman tersebut tentu tidak mudah. Dalam hal perkuliahan maka mengharuskan mahasiswa/i untuk melakukan sebuah kerja praktik (KP). Kerja praktik merupakan sebuah kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan pekerjaan dengan bidang yang diminati oleh masing-masing mahasiswa. Kerja praktik ini adalah beberapa bentuk mata kuliah yang harus dilaksanakan.
Dalam dunia kerja praktik ini nanti akan membuat mahasiswa mendapatkan pengalamannya sebagai seorang yang sudah bekerja. Pada saat kerja praktik maka mahasiswa akan memberikan dan menuangkan ide atau pengetahuan- pengetahuannya yang didapat selama bangku perkuliahan dalam melakukan kegiatan yang dilakukannya. Salah satu kampus yaitu Politeknik Caltex Riau merupakan salah satu kampus Politeknik di Indonesia yang menuntun para mahasiswanya untuk mampu bersaing didunia global. Dimana hal tersebut terlihat disalah satu semester pada kurikulum yang dijalankan oleh Politeknik Caltex Riau yaitu melaksanakan kerja praktik dengan waktu minimal 4 bulan pelaksanaan dan maksimanl 6 bulan. Sebagai salah satu mahasiswa yang aktif Politeknik Caltex Riau, penulis menyambut

baik program Kerja Praktik tersebut dimana Kerja Praktik merupakan suatu hal yang wajib dilaksanakan sebagai persyaratan kelulusan. Penulis melaksanakan kerja praktik di salah satu dinas pemerintahan kabupaten kampar yaitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kampar. Kegiatan ini berlangsung untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam akademik bidang akuntansi yang didapatkannya pada masa perkualiahan di Politeknik Caltex Riau pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kampar. Maka disamping kerja praktik tersebut mahasiswa diharapkan dapat memupuk rasa tanggung jawab dan rasa partisipasi dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan.
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kampar adalah salah satu kantor dinas yang diberi wewenang tugas pokok untuk membantu bupati dalam menyelenggarakan pemerintah bidang perizinan terpadu untuk para pengusahan dan wiraswasta untuk membuka izin usahanya dan penanaman modal yang bersifat koordinasi lintas sektor dan merumuskan kebijakan untuk teknis pelayanan perizinan dan penanaman modal yang telah diatur menurut peraturan bupati kampar nomor 56 tahun 2012 tentang tugas jabatan struktural pada lingkungan DPMPTSP di kabupaten Kampar.
DPMPTSP Kabupaten Kampar juga slalu turun lapangan untuk memastikan kegiatan usaha yang membutuhkan izin berjalan dengan baik, dengan itu bagian bidang perizinan dan

penanaman modal akan sering melakukan perjalanan dinas. Tidak hanya pada bidang perizinan dan penanaman modal tetapi bidang sekretariat juga sering melakukan perjalanan dinas luar, hal ini dikarenakan DPMPTSP perlu banyak melakukan kunjungan agar lebih banyak memuat informasi terbaru yang terjadi pada DPMPTSP dikabupaten lain atau bahkan luar daerah dan kota provinsi.
Penulis juga telah diberikan tanggung jawab dan sudah memahami prosedur penginputan pencairan dana pada buku kas umum (BKU) kedalam web sistem informasi pengeluaran keuangan daerah (SIPKD), Sehingga penulis membuat Laporan Kerja Praktik dengan judul “ Prosedur Penginputan Pencairan Dana BKU Menggunakan Web SIPKD Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ”.


Ketersediaan

KP1862401039Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP AKT
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
x, 69 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP AKT
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this