No image available for this title

Kerja Praktik

Rancang Bangun Sistem Undangan Pernikahan Online Sisi Back End pada User Mempelai dengan Mneggunakan Framework Codeigniter dan Payment Gateway Midtrans



Pernikahan adalah sebuah upacara sakral penyampaian ikatan janji antara dua orang berbeda gender, yakni pria dan wanita. Pernikahan identik dengan pesta dan mengumpulkan banyak orang. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan sebelum pernikahan adalah pembuatan undangan. Selama ini informasi pernikahan hanya menggunakan undangan pernikahan berbentuk kertas yang ditujukan kepada tamu undangan. Pada undangan tersebut terdapat informasi-informasi yang berkaitan dengan mempelai dan acara pernikahan. Pada umumnya mempelai akan menggunakan jasa percetakan undangan sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, banyaknya undangan yang disebarkan akan berpengaruh pada waktu pengirim undangan, begitu juga dengan wilayah penyebarannya. Belum lagi masalah tamu yang tidak bisa hadir karena jauh maupun kondisi lainnya pada hari pernikahan dan kesulitan dalam memberikan kado maupun hadiah lainnya.
Melihat permasalahan yang ada, dibutuhkan sebuah website yang bisa menyelesaikan segala permasalahan dalam acara pernikahan terutama mengenai undangan ini. Website ini diharapkan dapat membantu calon pengantin dan tamu undangan dalam menyukseskan acaranya. Internet akan menjadi sebuah solusi untuk kemudahan ini. Dengan banyaknya pengguna internet dan kemajuannya ini,dapat mengubah cara membuat dan mengirimkan undangan, yaitu undangan online.
Maka dari itu sistem undangan online ini hadir untuk menyelesaikan segala permasalahan yang dijelaskan diatas. Dengan adanya sistem ini para pihak yang terlibat dalam pernikahan tidak lagi harus mendatangi tempat percetakan undangan pernikahan sehingga tidak lagi menyita waktu dan tenaga mereka, waktu dan tenaga yang sebelumnya tersita untuk itu, dapat dialihkan untuk hal-hal lain. Dari segi pengeluaran uang pun sistem ini dapat memangkas dana yang terpotong akibat mencetak undangan karena cenderung lebih mudah dan murah. Untuk menyebarkankan nya pun tidak lagi terbatas jarak. Kerabat, atau keluarga yang berada jauh tidak lagi menjadi masalah, hanya jaringan internet saja yang membatasi penyebaran undangan dengan sistem ini. Undangan online ini pun diharapkan bisa memiliki banyak kemudahan, memiliki fitur dan info yang lengkap serta unik dan kekinian. Tak hanya website undangan pernikahan online saja, website yang akan dibuat juga memiliki fitur buku tamu online serta sumbangan online.
Dalam pengembangan sistem ini akan ada user yang bertugas untuk memberikan data-data terkait informasi mempelai, informasi undangan serta tamu-tamu yang akan diundang. Dengan melihat tugas-tugas seperti itu mempelai lah yang akan menjadi user dimaksud. Maka dari itu diperlukannya pengembangan back end pada user mempelai. agar fitur-fitur pada sistem ini dapat berjalan dengan baik.
Sistem ini akan dikembangkan dengan back end yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter dan memanfaatkan midtrans sebagai payment gateway.


Ketersediaan

Tersedia 1 Eksemplar Untuk dipinjam

KP1855301038KP TIPerpustakaan PCR (R)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xi, 99 hlm.; 21 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this