No image available for this title

Kerja Praktik

Perancangan Desain UI Dan Fitur Kuesioner Aplikasi Panduan Pola Asuh Anak Untuk Orang Tua Berbasis Android



Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan daya saing SDM yaitu sumber daya manusia yang sehat dan cerdas, adaptif, inovatif, terampil, dan berkarakter sesuai dengan yang tertera pada 7 agenda pembangunan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Oleh karena itu, Intervensi berdasarkan kebutuhan yang sesuai dengan tahap kehidupan dan karakteristik individu diperlukan dalam mewujudkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing. Anak, perempuan, dan pemuda merupakan kelompok penduduk yang memiliki kriteria spesifik sehingga dibutuhkan pendekatan yang berbeda demi menjamin kualitas hidup mereka. Pemenuhan hak dan perlindungan anak penting untuk memastikan anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Sementara itu, pembangunan pemuda memiliki arti penting bagi keberlangsungan suatu negara-bangsa karena pemuda adalah penerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa dan salah satu penentu optimalisasi bonus demografi (Kementerian PPN, 2019).
Untuk mencapai sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, proses mendidik anak merupakan hal krusial yang akan berpengaruh ke mental anak di masa dewasanya. Mendidik anak merupakan tanggung jawab orang tua yang tidak mudah. Kehidupan anak sebagian besar waktunya lebih banyak dihabiskan dalam lingkungan keluarga. Komponen keluarga sangat penting mengingat di dalamnya terdapat orang tua sebagai pemimpin yang memiliki otoritas dan bertanggung jawab terhadap pembinaan pribadi anak-anaknya. Segala bentuk otoritas itu diterapkan kepada anak dalam upaya membentuk kepribadian anak yang sesuai dengan acuan nilai agama dan norma yang ada di masyarakat.
Perhatian, kendali dan tindakan orang tua merupakan salah satu bentuk pola asuh yang akan memberikan dampak panjang terhadap kelangsungan perkembangan fisik dan mental anak. Pola asuh adalah suatu model perlakuan atau tindakan orang tua dalam membina dan membimbing serta memelihara anak agar dapat berdiri sendiri. Lebih dari itu pola asuh ini akan membentuk watak dan karakter anak di masa dewasanya, karena tidak mungkin memahami orang dewasa tanpa ada informasi masa kanak-kanaknya karena masa itu adalah masa pembentukan (Dan Dreikurs ,1954) dalam Bacon (1997). Artinya, pola asuh inilah yang akan membentuk watak, sifat dan sikap anak kelak meskipun ada beberapa faktor lain yang berpengaruh dalam pembentukan sikap anak yang tercermin dalam karakter yang dimilikinya.
Secara teoritis, pola asuh yang dilakukan orang tua memiliki 3 jenis yang terdiri dari pola asuh otoriter, permisif dan otoritatif (Baumrind, 2010). Ketiga pola asuh itu memiliki pengaruh besar terhadap pembentukan kepribadian anak, untuk itu pola asuh orang tua sangat menentukan watak, sikap dan perilaku anak.
Berdasarkan permasalahan di atas, untuk membantu orang tua dalam menentukan pola asuh yang tepat diterapkan, maka dibuatlah sebuah aplikasi panduan pola asuh anak untuk orang tua pada mobile device berbasis android yang diberi nama PEKA (Peduli Karakter Anak Indonesia). Aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat, terlebih lagi yang sudah berperan sebagai orang tua dalam meningkatkan pemahaman mengenai pola asuh yang tepat diterapkan pada anak dengan cara menyediakan informasi mengenai pola asuh baik itu melalui video, artikel, maupun konsultasi dengan psikolog langsung melalui aplikasi. Selain itu, aplikasi panduan pola asuh ini juga memiliki fitur utama yaitu kuesioner pola asuh, yang akan membantu orang tua dalam mengidentifikasi jenis pola asuh yang telah diterapkan kepada anak – anaknya.


Ketersediaan

Tersedia 1 Eksemplar Untuk dipinjam

KP1855301095KP TIPerpustakaan PCR (R)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
x, 81 hlm.; 21 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this