No image available for this title

Kerja Praktik

Rancang Bangun Sistem Informasi Pemilihan Online Pengurus Dan Pengawas KKMC



Koperasi Karyawan Minyak Caltex merupakan koperasi unit simpan pinjam yang dikhususkan untuk karyawan perusahaan minyak Caltex/Chevron yang sekarang di bawah naungan perusahaan Pertamina Hulu Rokan. Koperasi Karyawan Minyak Caltex atau yang disingkat KKMC berdiri pada tanggal 12 Februari 1984 oleh beberapa orang karyawan PT Caltex Pacific Indonesia (CPI) di gedung sanggar karyawan CPI Rumbai, yang bertujuan awal untuk membantu karyawan CPI dalam masalah simpan pinjam dana. Sekarang kantor KKMC terletak di JL Angsana, Kompleks Angsana 701-708, Sago, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau 28155. Di dalam kantor KKMC terdapat beberapa bagian kerja, yaitu bagian Simpan Pinjam, Pembukuan, Customer Service, dan Bagian IT. Pada bidang perusahaan terdapat kegiatan yang bertujuan mengumpulkan suara untuk menghasilkan sebuah keputusan yang disebut voting. Voting sendiri merupakan salah satu cara untuk untuk mengambil keputusan dengan menentukan jumlah terbanyak suara. Pada umumnya voting diambil secara konvensional menggunakan kertas atau tunjuk tangan dan juga dapat menggunakan email atau google form.
2
Namun dalam praktek penggunaan email dalam pemungutan suara dinilai tidak efisien dan sering terjadi salah perhitungan suara. Begitu juga dengan pemungutan suara menggunakan google form, terdapat celah keamanan karena pencurian data pribadi melalui survey google form. Selain itu, dari segi tampilan juga tidak dapat leluasa diubah dan karena desain yang terbatas dan juga voting menggunakan google form tidak terstruktur dalam satu tempat untuk dikelola semua. Contoh dalam kasus Pemilihan Pengurus dan pengawas KKMC, dimana proses pemilihan masih menggunakan email dalam pemungutan suara sehingga memungkinkan terjadinya salah perhitungan hasil pemilihan akibat dari kesalahan manusia (human error). Hal tersebut juga tidak efektif karena memerlukan persiapan yang rumit, baik dari segi tenaga, waktu, dan biaya. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka kita dapat memanfaatkan teknologi informasi yang ada, khususnya berbasis web. Pemilihan suara secara elektronik (e-voting) saat ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam menggantikan pengambilan suara atau pemilu secara konvensional. Sistem e-voting ini memanfaatkan perangkat elektronika serta mengolah informasi digital dalam membuat surat suara dan perhitungan perolehan suara yang akan
3
meninggalkan jejak digital. Dengan adanya sistem ini maka dapat membantu proses pemungutan suara dan juga mengurangi resiko dalam kesalahan perhitungan suara. Dari penjabaran diatas maka dibuatlah sebuah Rancang Bangun Sistem Informasi Pemilihan Online Pengurus dan Pengawas Pada Koperasi Karyawan Minyak Caltex yang bertujuan dapat membantu dalam proses perhitungan suara secara langsung (real time). Proyek ini dibangun berbasis web menggunakan bahasa PHP dan database Mysql.


Ketersediaan

KP1857301036KP SIPerpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP SI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
vi, 59 hlm.; 21 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP SI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this