No image available for this title

Kerja Praktik

Improvement Of Capacitor Lead Cut Machine



Kerja praktik merupakan salah satu program yang dilakukan oleh Politeknik Caltex Riau dalam mempersiapkan mahasiswanya agar dapat bersaing di dunia kerja. Selain itu, kerja praktik ini merupakan salah satu penunjang bagi para mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu terapan yang didapat di perkuliahan dan diterapkan di perusahaan-perusahaan tertentu yang menjadi tujuan tempat kerja praktik. Salah satu perusahaan tujuan tempat kerja praktik yang sesuai dengan program studi Teknik Elektronika Telekomunikasi yaitu PT. PCI Elektronik Internasional, karena perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan yang menjual jasa di bidang manufaktur elektronik.
PT. PCI Elektronik Internasional memiliki beberapa customer dengan berbagai produk yang dihasilkan. Mulai dari proses pembuatan PCB menggunakan mesin SMT ataupun menggunaka manual insert dan wave soldering, selanjutnya PCB akan di test di mesin In Circuit Test (ICT) apakah semua komponen terhubung atau terpasang dengan baik atau tidak. Selanjutnya masuk ke proses Back End dimana PCB tersebut akan di rakit (assembly) sampai jadi, dan akan di tes lagi apakah produk dalam keadaan baik dan dapat digunakan, proses terakhir yaitu packing dimana produk akan dikemas dengan rapi dan baik, dan siap dikirim ke customer.
Selain dari beberapa proses diatas terdapat juga proses persiapan komponen yang digunakan saat proses manual insert dimana salah satu contoh komponennya yaitu kapasitor. Komponen kapasitor harus dipotong kaki-kakinya sesuai ukuran agar fixed ketika diletakkan di PCB. Proses ini masih dilakukan secara manual di cutting satu per satu oleh operator, yang mana proses ini akan memakan waktu yang lama dan memerlukan operator yang banyak. Maka dari itu penulis membuat sebuah product improvement dimana proses cutting yang awalnya masih manual diganti dengan penggunaan capasitor lead cutting machine yang bertujuan untuk menghemat waktu dan tidak perlu memerlukan operator yang banyak.


Ketersediaan

KP1820301001Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TET
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xv, 59 hlm.; 20 x 14 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TET
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this