No image available for this title

Kerja Praktik

Perancangan Desain User Interface dan User Experience pada Sistem Informasi Akademik (Studi Kasus: PT. Teknologi Media medika)



Perkembangan teknologi informasi mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dan cepat. Perkembangan teknologi informasi turut mengubah model bisnis, dibuktikan dengan berkembangnya perusahaan startup saat ini. Startup sebagai wadah untuk mengatasi permasalahan yang ada sangat membutuhkan teknologi untuk membuatnya menjadi problem solving terutama startup digital. Salah satu startup yang ada adalah PT. Teknologi Media Medika.
PT. Teknologi Media Medika merupakan perusahaan teknologi informasi yang bergerak di bidang kesehatan. Salah satu produk yang dikembangkan oleh perusahaan adalah Assist.id. Assist.id merupakan produk yang mendigitalisasi praktek dokter, klinik, apotek dan rumah sakit di Indonesia. Solusi yang ditawarkan Assist.id yaitu kenyamanan manajemen dan kemudahan dalam mengelola data yang ada. Seiring berkembangnya teknologi, PT. Teknologi Media Medika juga mengembangkan produk baru dibidang pendidikan. Seperti saat ini banyak instansi pendidikan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Akademik.
Namun sering terjadi kendala yang dialami oleh client dibidang pengelolaan data karena pencatatan data masih tertulis. Adapun kendala yang dialami diantaranya risiko kesalahan pencatatan data, hilang data, data rusak serta kesulitan dalam menentukan kelayakan peserta didik dalam mengikuti ujian semester berdasarkan absensi. Oleh karena itu PT. Teknologi Media Medika berencana membangun sistem yang diberi nama SIAK. Aplikasi SIAK berisi informasi data mahasiswa, absensi dan data master.
Salah satu penunjang platform aplikasi adalah User Interface (UI) dan User Experince (UX). Dengan dilakukannya perancangan Desain UI/UX , membuat bagian pengolahan data mahasiswa dan data absensi menjadi terbantu dalam efektifitas waktu untuk mengelola data. Programmer sistem SIAK ,menjadi terbantu karena tidak perlu memikirkan rancangan yang harus dikembangkan, melainkan hanya fokus pada algoritma verifikasi didalam sistem.
Maka dari itu, penelitian ini mengusulkan untuk membuat perancangan User Interface dan User Experience dengan judul “Perancangan Desain User Interface dan User Experience Pada Sistem Informasi Akademik. Studi Kasus : PT. Teknologi Media Medika”. Diharapkannya dengan adanya hasil rancangan ini dapat membantu pihak perusahaan dalam meningkatkan inovasi baru, memberikan kenyamanan pelanggan dalam menggunakannya, dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.


Ketersediaan

KP1857301039Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP SI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xii, 60 hlm.; 20 x 14 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP SI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this