No image available for this title

Kerja Praktik

Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan (Superadmin) (Studi Kasus: Pengadilan Negeri Rokan Hilir)



Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan banyak manfaat dalam kemajuan di berbagai sektor kehidupan manusia, salah satunya di sektor perusahaan yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan dan menghasilkan informasi yang cepat, tepat dan akurat.
Pengadilan Negeri Rokan Hilir me¬rupakan sebuah instansi pemerintahan yang berada di Jl. Lintas Riau-Sumut km.167, kel. Banjar XII – Ujung Tanjung, Kec. Tanah Putih, Kab. Rokan Hilir, Riau. Pengadilan Negeri Rokan Hilir adalah penyelenggara peradilan tingkat banding dalam mencari keadilan, dalam melaksanakan tugasnya terlepas dari pengaruh pemerintah dan pengaruh luar lain.
Kasubbag Umum dan Keuangan memiliki tugas dan wewenang dalam melaksanakan penyiapan pelaksanaan urusan surat menyurat, arsip, perlengkapan rumah tangga, keamanan keprotokolan, hubungan masyarakat, perpustakaan dan pengelolaan keuangan yang ada di Pengadilan Negeri Rokan Hilir. Dari seluruh tugas yang telah dipaparkan diatas hanya di urus oleh Kepala Sub-bagian Umum dan Keuangan dan 2 (dua) orang karyawan saja sehingga pada bagian perpustakaan tidak dapat terkelola dengan baik karena ruangan perpustakaan berada terpisah dengan ruangan Kasubbag Umum dan Keuangan. Yang menjadi permasalahan yaitu Kepala Sub-bagian Umum dan Keuangan tidak memiliki data buku dan laporan yang lengkap dari transaksi yang pernah terjadi di perpustakaan, selama ini karyawan yang bertugas hanya mencatat jumlah buku dan tanggal buku masuk ke dalam buku besar sehingga saat pimpinan Pengadilan Negeri Rokan Hilir mengadakan rapat bulanan karyawan Sub-bagian Umum dan Keuangan harus memeriksa kembali buku-buku yang ada di perpustakaan untuk menjadi laporan. Hal itu tentu saja dapat membuang banyak waktu mengingat buku yang ada di perpustakaan yang jumlahnya tidak sedikit, belum lagi karyawan Sub-bagian Umum dan Keuangan memiliki pekerjaan lain yang harus diselesaikan sehingga cara tersebut sangat tidak efisien. Dengan kata lain tata kelola perpustakaan Pengadilan Negeri Rokan Hilir selama ini belum dilakukan secara maksimal dan belum dikelola dengan baik, padahal perpustakaan sebenarnya cukup penting untuk menunjang akreditasi Pengadilan Negeri Rokan Hilir.
Dari hasil diskusi yang telah dilakukan oleh Kepala Bagian Umum dan Keuangan maka dibuatlah sistem yang dapat memberikan informasi detail buku dan dapat mengelola data buku yang ada di perpustakaan Pengadilan Negeri Rokan Hilir, sehingga dapat meningkatkan kinerja staff/karyawan dan Kasubbag Umum dan Keuangan untuk mengelola data buku yang ada di perpustakaan tanpa harus memeriksa buku satu-persatu agar dapat lebih efisien, kemudian jika ada transaksi peminjaman maka karyawan yang bertanggung jawab dapat membuat daftar peminjaman melalui sistem. Selain itu dari diskusi yang telah dilakukan oleh Kepala bagian Umum dan Keuangan proyek yang akan di kerjakan ini akan dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi penulis selama melakukan Kerja Praktik di Pengadilan Negeri Rokan Hilir. Maka dari itu penulis mengambil judul tentang “Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan (Superadmin) (Studi Kasus: Pengadilan Negeri Rokan Hilir)” dengan menggunakan framework CodeIgniter.


Ketersediaan

KP1857301067Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP SI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xi, 76 hlm.; 20 x 14 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP SI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this