No image available for this title

Kerja Praktik

Rancangan Otomatisasi Prioritas Mcwp (Main Cooling Water Pump) Dan Deteksi Indikasi Kebocoran Berbasis Plc Pada Plta Maninjau



Program Kerja Praktek (KP) merupakan mata kuliah praktikum yang mewajibkan mahasiswa Teknik Mekatronika Politeknik Caltex Riau untuk bekerja pada salah satu perusahaan atau industri selama 4 bulan dan untuk memenuhi persyaratan mendapatkan gelar Diploma-3 (D3). Pelaksanaan KP adalah salah satu media penghubung antara materi pembelajaran teori yang diperoleh diperkuliahan dengan dunia kerja yang sesungguhnya. Perbedaan antara materi pembelajaran teori yang diperoleh diperkuliahan, bisa saja sangat berbeda dengan penerapan di lingkungan kerja. Sebagai seorang mahasiswa Fakultas Teknik, khususnya program studi TeknikMesin, sudah menjadi sebuah keharusan untuk memahami serta mengerti akan situasi lingkungan kerja yang sangat penting untuk dipelajari dan diamati. Sehingga hal ini dapat meminimalisir kesalahan dalam menghadapi setiap masalah yang terjadi dalam dunia kerja yang akan dihadapi nanti.
Pendidikan memiliki peran yang penting dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan seseorang untuk memasuki dunia kerja. Pada perguruan tinggi, masih sangat terbatas pada pemberian materi didalam ruangan kelas dan praktik yang hanya didapatkan pada laboratorium dalam skala yang kecil.Oleh karena itu, untuk mampu memahami permasalahan yang muncul di dunia kerja dan mencari solusi dengan tepat, mahasiswa perlu melakukan kegiatan secara langsung pada instansi/perusahaan terkait menyelenggarakan pendidikan sesuai dengan


bidangnya. Sehingga setelah lulus dari kegiatan akademik secara formal, mahasiswa dapat memanfaatkan dan menggunakan ilmu serta pengalaman yang telah diperoleh pada saat pelatihan kerja dan secara langsung dapat menerapkan. Salah satu cara perguruan tinggi dalam meningkatkan keterampilan dan kecakapan mahasiswa dengan kegiatan kerja praktik, dimana mahasiswa mengikuti semua aktifitas di lokasi kerja pda suatu instansi/perusahaan.
Perusahaan diharapkan dapat membantu dan berperan dalam meningkatkan sumber daya manusia melalui wadah pembelajaran lapangan. Kerja sama antara program studi dan perusahaan atau industri dalam melaksanakan kerja praktik diharapkan dapat menjadi wadah pembelajaran bagi mahasiswa. Kegiatan Kerja Praktik merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ada di Politeknik Caltex Riau yang dapat memberikan pengalaman serta menunjang kegiatan belajar mengajar di luar kampus, ke perusahaan atau instansi yang sesuai dengan program studi.
Dengan dilaksanakannya kerja praktek ini mahasiswa juga dapat belajar bekerja sama dengan tim, karena dunia kerja dan dunia perkuliahan sangat berbeda. mahasiswa juga dapat belajar bagaimana berinteraksi dengan baik dengan atasan dan rekan kerja mereka. Dengan banyaknya manfaat dari kerja praktek ini, dapat dijadikan sebagai semacam bekal ilmu untuk digunakan dimasa yang akan datang ketika memasuki dunia kerja yang sebenarnya.


Energi listrik yang dihasilkan generator sangatlah bergantung dari tingkat ketersediaan air yang ada dan sumber-sumber air yang mampu untuk dimanfaatkan serta kondisi geografis yang ada. Seperti pada PLTA Maninjau energi listrik yang mampu menghasilkan 17 MW oleh masing- masing unit pembangkit yang mempunyai peran penting dalam memenuhi kebutuhan energi listrik pada daerah Sumatera Bagian Selatan. Karena tingkat ketersediaan air yang memadai dan berlangsung dalam periode tahunan, dimana air sebagai sumber energi utamanya diambil dari danau Maninjau. Pada PLTA Maninjau Peralatan utama dari PLTA Maninjau meliputi Turbin dan 4 unit Generator sehingga total daya listrik yang dibangkitkan sebesar 68 MW.
Adapun sistem pendukung lainnya seperti sistem pelumasan dan sistem pendingin pada generator. Tujuan dari sistem tersebut agar mengurangi panas berlebih dari suatu peralatan agar peralatan tersebut tidak cepat rusak. Untuk pendingin pelumasan pada pengoperasian di PLTA Maninjau menggunakan sistem air pendingin. Sistem air pendingin merupakan salah satu perhatian utama pada PLTA Maninjau dimana pada setiap unit turbin terdapat 4 macam Bearing yang harus selalu dibasahi pelumas, agar Bearing menjadi tahan jika di sirkulasikan dan didinginkan menggunakan media air. Oleh karena itu, penulis memilih judul “Rancangan Otomasi Prioritas MCWP (Main Cooling Water Pump) dan Deteksi Indikasi Kebocoran Berbasis PLC pada PLTA Maninjau”.


Ketersediaan

KP1921412031Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TM
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xii, 104 hlm.; 20 x 14 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TM
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this