No image available for this title

Proyek Akhir

Analisis sentimen berdasarkan komentar publik terhadap toko online di sosial media facebook (studi kasus: zalora dan berrybenka)



ABSTRAK
Maraknya penggunaan jejaring sosial seperti Facebook mendorong
munculnya data tekstual yang tidak terbatas, sehingga muncul
kebutuhan penyajian informasi tanpa mengurangi nilai dari informasi
tersebut. Salah satu pemanfaatan data ini adalah untuk mengetahui
opini atau sentimen publik terhadap pelayanan dan produk suatu toko
online. Metodologi yang digunakan untuk melakukan analisis
sentimen dimulai dari data collecting, preprocessing, feature
selection, klasifikasi dan pengukuran akurasi. Metode klasifikasi
naïve bayes, k-NN dan decision tree digunakan untuk membandingkan
hasil prediksi klasifikasi yang terbaik. Hasil analisis pengujian
menunjukkan naïve bayes memiliki kestabilan akurasi setelah diuji
dengan nilai minimum support 0.036 pada Frequent Itemset. Naïve
bayes memiliki rata-rata akurasi 90.1%.
Kata kunci: Opini, Sentimen, Preprocessing, Feature Selection,
Klasifikasi, Naïve Bayes, k-NN, Decision Tree, Frequent Itemset,
Akurasi


Ketersediaan

PA1257301057Perpustakaan PCR (Rak R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA SI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
Jumlah Halaman : 93 | Ukuran : 20x15
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA SI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this