No image available for this title

Proyek Akhir

Identifikasi kondisi emosional dalam pembelajaran menggunakan dynamic keystroke



ABSTRAK
Nilai merupakan salah satu parameter bagi siswa dalam mengukur
pemahaman materi pelajaran. Dalam menghadapi pelajaran, siswa
membutuhkan emosi yang stabil agar belajar tersebut dikatakan
berhasil. Namun tidak semua guru yang bisa mengetahui kondisi
emosi siswa. Maka dibangunlah sebuah aplikasi pendeteksi emosi
dengan menganalisis pola mengetik pada keyboard. Aplikasi ini
dibangun dengan tujuan untuk mengetahui emosi siswa menggunakan
dynamic keystroke dengan menerapkan algoritma decision tree.
Kondisi emosi siswa yang diambil pada pengujian ini yaitu senang,
badmood dan sedih. Dilakukan beberapa pengujian, yaitu confusion
matrix didapat akurasi algoritma dari data sebesar 92,06%. White box
dengan nilai complexity 6 yang mengatakan program aplikasi ini
termasuk sederhana tanpa banyak resiko. Untuk uji statistik dengan
paired sample t test berdasarkan nilai variansi data 7,92 setelah
menggunakan aplikasi lebih kecil dari nilai variansi data 9,38 sebelum
menggunakan aplikasi. diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi yang
digunakan berhasil secara signifikan, sehingga dapat membantu guru
dalam mengontrol pembelajaran dikelas. Hal ini juga dapat dilihat dari
hasil perbandingan nilai bahwa rata-rata nilai siswa setelah
menggunakan aplikasi lebih besar 3,58 dibanding dengan nilai
sebelum menggunakan aplikasi
Kata Kunci: Decision Tree, Dynamic Keystroke, Emosi, Keyboard,
Pembelajaran


Ketersediaan

PA1257301029Perpustakaan PCR (Rak R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA SI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
Jumlah Halaman : 57 | Ukuran : 20x15
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA SI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this