Detail Cantuman
Advanced SearchProyek Akhir
Rancang Bangun Analytical Customer Relationship Management (CRM) dengan Menggunakan Metode K-Means untuk Segmentasi Pelanggan (Studi Kasus: D Laundrie)
ABSTRAK
Pelayanan jasa laundry merupakan sebuah bisnis yang berkaitan
dengan jasa pencucian pakaian. Salah satu perusahaan yang bergerak
di bidang laundry di Pekanbaru adalah D’laundrie. Perusahaan ini
menangani data penjualan dan data pelanggan yang disimpan pada
sebuah sistem, D’laundrie mempunyai data yang banyak tetapi belum
bisa mengetahui mana pelanggan yang sangat loyal, loyal, dan tidak
loyal. Dalam melakukan segmentasi pelanggan digunakanlah teknik
data mining dengan menerapkan metode k-Means untuk menentukan
cluster segmentasi. Berdasarkan segmentasi tersebut ditampilkan
dalam bentuk visualisasi. Dari visualisasi tersebut di lakukan
analytical CRM untuk menentukan strategi dalam memberikan
pelayanan kepada pelanggan maka diterapkan perspektif collaborative
berupa website dan menerapkan SMS-Gateway dalam mendukung
perspektif operational untuk mempertahankan pelanggan. Dilakukan
beberapa pengujian, yaitu white box dengan nilai complexity 21 yang
mengatakan sistem ini termasuk lebih kompleks, dan risiko sedang. UAT
dilakukan kepada pihak d’laundrie dengan 13 butir pengujian telah
diterima oleh user sehingga persentase penerimaan fitur sistem adalah
100%. Untuk kuesioner dapat dilihat dari lima pernyataan kuesioner
yang telah diisi oleh 24 orang pelanggan adalah 87.2%, dimana hasil
tersebut menunjukkan pelanggan memberikan respon yang positif
terhadap sistem d’laundrie.
Kata Kunci: Segmentasi Pelanggan, CRM, k-Means, Analytical
CRM, Visualisasi.
Ketersediaan
PA1257301053 | Perpustakaan PCR (Rak R) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
PA SI
|
Penerbit | Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru., 2016 |
Deskripsi Fisik |
Jumlah Halaman : 83 | Ukuran : 21x15 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
PA SI
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
1
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain