Detail Cantuman
Advanced SearchProyek Akhir
Simulasi Pergerakan Manusia Menggunakan Motion Capture
Animasi adalah suatu gambar bergerak yang digerakkan dari
kumpulan-kumpulan gambar. Pada saat ini, seorang animator dalam
membuat gerakan karakter pada film animasi 3D masih ada yang
menggunakan metode frame by frame. Metode ini membutuhkan
waktu pembuatan yang lama sehingga dibutuhkan metode lain yang
lebih cepat. Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan
permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode motion
capture. Penelitian ini membangun simulasi karakter manusia
kedalam animasi 3D dengan metode motion capture dan
menerapkannya pada animasi 3D di aplikasi unity. Penangkapan
gerak manusia dibantu dengan menggunakan sensor kinect xbox 360.
Penelitian ini mengujikan dua hal yang pertama realtime inputan
gerakan manusia pada karakter 3D, realtime inputan ini berupa
gender, jarak user, tinggi badan user, dan cahaya ruangan. Yang
kedua adalah membandingkan waktu pembuatan dan kualitas akhir
menggunakan metode frame by frame dan motion capture. Hasil
pengujian menunjukkan metode motion capture dengan kinect xbox
360 membantu animator membuat animasi lebih cepat.
Kata Kunci: Simulasi, Animasi 3D, Karakter, frame by frame, Kinect,
Motion capture.
Ketersediaan
PA1255301004 | Perpustakaan PCR (Rak R) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
PA TI
|
Penerbit | Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru., 2017 |
Deskripsi Fisik |
Jumlah Halaman : 47 | Ukuran : 21x15 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
PA TI
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
1
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain