No image available for this title

Proyek Akhir

Penentuan Pola Hubungan Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Teknik Association Rule



ABSTRAK
Tingginya jumlah kecelakaan yang terjadi menjadi alasan penting bagi
pihak Satuan Lalu Lintas khususnya Polresta Pekanbaru untuk
mengetahui hubungan yang cenderung terbentuk dari penyebab
terjadinya kecelakaan. Hubungan tersebut terbentuk dengan
menggunakan teknik data mining untuk menemukan informasi berupa
pola yang dapat menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan di
Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru. Teknik data mining yang
digunakan dalam memproses kecelakaan lalu lintas yaitu teknik
association rule dengan algoritma FP-Growth. Algoritma ini
menerapkan struktur data tree untuk mengetahui pola kecelakaan lalu
lintas. Suatu pola ditentukan oleh dua parameter, yaitu support (nilai
penunjang) dan confidence (nilai kepastian). Sistem dibuat berbasis
desktop dengan Bahasa pemograman Visual Basic.Net. Sistem ini
menghasilkan pola kecelakaan yang sering terjadi. Berdasarkan
pengujian lift ratio didapatkanlah pola kecelakaan yang paling sering
terjadi adalah “Faktor kecelakaan dengan Jenis_Luka Luka Ringan,
Jenis_Jalan Jalan Arteri, Waktu Padat Kendaraan, Jenis_Kelamin
Perempuan” dengan nilai lift ratio 1.1948%. Sedangkan hasil
pengujian skala likert didapatkanlah bahwa persentase rata rata
88.09% user merasa dimudahkan dengan sistem ini dan dapat
membantu user dalam mengetahui pola kecelakaan yang sering
terjadi.
Kata kunci : Kecelakaan Lalu lintas, Associattion Rule, FP-Growth,
Visual Basic.ne


Ketersediaan

PA1357301050Perpustakaan PCR (Rak R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA SI
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
Jumlah Halaman : 66 | Ukuran : 21x15 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA SI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this