No image available for this title

Proyek Akhir

Algoritma Strategi Pertandingan pada Robot Penyerang Berdasarkan Pergerakan Bola



ABSTRAK
Pada proyek akhir ini dibahas tentang algoritma strategi
pertandingan pada robot penyerang berdasarkan pergerakan bola.
Strategi merupakan hal penting yang harus dimiliki saat bermain
sepakbola, karena strategi adalah salah satu unsur yang
menentukan menang atau kalahnya suatu tim dalam bermain
sepakbola. Strategi yang dibutuhkan adalah strategi menyerang dan
bertahan. Strategi menyerang bertujuan untuk dapat mencetak gol
dan strategi bertahan bertujuan untuk menjaga daerah pertahanan
dari serangan lawan. Strategi permainan ini diprogram menggunakan
Arduino Due dengan memanfaatkan input dari kamera untuk
membagi wilayah sesuai dengan strategi yang digunakan. Strategi
menyerang dibagi atas 5 bentuk pergerakan robot, yaitu belok kanan,
belok kiri, maju, serong kanan, dan serong kiri. Strategi robot
bertahan dibagi atas 3 bentuk pergerakan robot, yaitu geser kiri,
geser kanan, dan berhenti. Dengan adanya strategi yang telah di
jelaskan di atas, robot dapat mencetak gol dengan persentase
keberhasilan 80 %. Adanya Error yang terjadi pada saat pengujian
tersebut di akibatkan oleh adanya warna-warna yang sama dengan
bola dan gawang di sekitar lapangan.
Kata kunci: Robot Soccer, Strategi, Arduino Due.


Ketersediaan

PA1420401028Perpustakaan PCR (Rak R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA TE
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
Jumlah Halaman : 58 | Ukuran : 21x15 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA TE
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this