Detail Cantuman
Advanced SearchProyek Akhir
Perancangan dan Implementasi Permainan Olahraga Basket Virtual Untuk Pemula dengan Menggunakan Kinect
Penggunaan teknologi untuk mendeteksi gerak dapat dimanfaatkan
pada bidang olahraga, seperti basket. Salah satu teknologi tersebut
adalah kinect, yang memungkinkan pengguna menggunakan
teknologi untuk berinteraksi dengan perangkat lunak yang
diintegrasikan. Pada penelitian ini di rancang sebuah perangkat lunak
permainan untuk olahraga basket yang membutuhkan gerakan
tangan, seperti memasukkan bola ke dalam ring. Kinect berperan
sebagai input controller dari gerakan tubuh pengguna agar dapat
berinteraksi dengan aplikasi virtual basket dan menggunakan Unity
Game Engine. Di dalam aplikasi ini akan disajikan tampilan
layaknya pengguna berada di lapangan basket. Pengguna bermain
dengan cara memasukan bola kedalam ring.Berdasarkan pengujian
yang di lakukan dengan menggunakan blackbox testing, karakter
dapat merespon pergerakan yang secara langsung dilakukan, akan
tetapi pengujian menemukan ketidakberhasilan ketika melakukan
perlemparan bola. Hal ini di pengaruhi oleh alat deteksi gerak yang
di gunakan yaitu kinect dalam membaca pergerakan secara real time
ketika kondisi tulang pengguna terhalang oleh tulang lainnya
sehingga pada pengujian dengan melakukan penyebaran kuisioner
untuk 28 responden didapatkan hasil presentase 64,32 % dengan
hasil cukup untuk mencapai kepuasan pengguna.
Kata Kunci : olahraga virtual, virtual, basket, Kinect.
Ketersediaan
PA1255301024 | Perpustakaan PCR (Rak R) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
PA TI
|
Penerbit | Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru., 2018 |
Deskripsi Fisik |
Jumlah Halaman : 53 | Ukuran : 21x15 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
PA TI
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
1
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain