No image available for this title

Proyek Akhir

Rancang Bangun Sistem Reservasi Hotel Dengan Pendekatan Quality Function Deployment



Kemajuan bidang teknologi yang sangat pesat terutama dalam bidang informasi dan komunikasi baik itu software maupun hardware turut menunjang dan membantu penyebaran informasi yang sangat cepat, tepat dan akurat. Contoh perkambangan informasi yang cepat adalah dengan adanya penggunaan website sebagai media transaki online dalam bidang perhotelan. Menurut Phelan, Chridtodoulidou, Countryman, & Kistner pada penelitian (Rora, 2016) mengatakan bahwa dengan adanya sistem reservasi online, para manajer hotel menjadi lebih mudah untuk mempromosikan pelayanan dan jasa yang diberikan. Menurut survei yang telah dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada 30 orang responden yang berumur antara 19-28 tahun, 87% responden merasakan bahwa masih banyak permasalahan terkait sistem reservasi hotel yang ada. Masalah yang dirasakan itu seperti alur pemesanan hotel yang masih kurang jelas ketika melakukan proses transaksi yang membuat pelanggan kebingungan untuk menggunakan sistem reservasi hotel tersebut. Masalah lainnya yang juga dirasakan oleh pelanggan yaitu kurangnya media promosi yang membuat informasi promosi hotel tersebut tidak tersampaikan. Website hotel juga harus dapat melakukan transaksi reservasi demi menjaga pelanggannya. Fitur yang dibangun haruslah mudah dimengerti oleh pengguna yang berguna untuk menghindari human error. Oleh karena, penelitian ini membangun sistem reservasi hotel dengan pendeketan quality function deployment yang merupakan metode terstruktur yang dapat digunakan dalam proses perencanaan serta pengembangan produk dalam menetapkan spesifikasi kebutuhan dan harapan pelanggan dengan melakukan proses evaluasi produk untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan(Cohen,1995). Quality function deployment digunakan dalam proses pembangunan sistem. dimana quality function deployment memiliki 4 proses dalam pembangunanya. Yaitu mengumpulkan voice of customer, melakukan penyusunan house of quality, lalu melakukan implementasi kedalam bentuk sistem dan langkah terakhir melakukan analisa. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, didapatkan hasil 86,60% responden setuju bahwa sistem ini membantu dalam melakukan reservasi hotel, dan 85,30 % setuju bahwa sistem ini memudahkan responden untuk mencari informasi dengan. Dan 85,30% responden setuju bahwa sistem ini mudah digunakan. Selain itu, desain visual website ini mampu menarik perhatian 81,60% responden untuk mengunjungi kembali website hotel ini.
Kata Kunci: quality function deployment, user experience , reservasi hotel


Ketersediaan

PA1457301082PA SIPerpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA SI
Penerbit Perpustakaan Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xi, 105hlm.: 21cm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA SI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this