No image available for this title

Proyek Akhir

Rancang Bangun Aplikasi Data Mining Dengan Mengukur Perbandingan Akurasi Peramalan Persediaan Barang Antara Metode SIngle Moving Average Dan Exponential Smoothing



Kulim Motor yang berlokasi di Jalan Kulim No.56A Pekanbaru ini, merupakan suatu usaha dagang bengkel dengan kegiatan utamanya adalah pembelian dan penjualan sparepart khusus sepeda motor. Penyimpanan transaksi penjualan Kulim Motor ini masih secara manual dengan menggunakan kertas dan untuk menentukan persediaan barang setiap bulannya masih menggunakan perkiraan saja. Maka timbulah permasalahan dalam kesulitan menentukan persediaan barang jualan sehingga terjadi kelebihan dan kekurangan persediaan. Dari permasalahan tersebut maka akan dibangun aplikasi data mining dengan menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Prepocessor (PHP) dan MySQL sebagai database untuk dapat mengolah data penjualan dengan menggunakan teknik forecasting dalam menentukan jumlah persediaan barang yang harus di siapkan. Metode forecasting yang digunakan adalah metode Single Moving Average (SMA) dan Exponential Smoothing (ES). Hasil peramalan jumlah persediaan barang dari kedua metode tersebut akan diuji dengan menggunakan metode Mean Square Error untuk mendapatkan akurasi error setiap metode, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan kepada pihak Kulim Motor dalam menyediakan persediaan. Berdasarkan hasil pengujian dengan black box testing diperoleh kesimpulan bahwa 100% fungsi sistem dapat berjalan sesuai harapan. Pengujian terhadap white box testing didapatkan hasil cyclomatic complexity sebanyak 8 jalur uji pada SMA dan 8 jalur uji pada ES, kemudian jalur uji dilakukan pengujian test case dan di peroleh persentase keberhasilan sebesar 100%. Dan terdapat hasil bahwa metode Exponential Smoothing merupakan metode yang lebih banyak direkomendasikan selama pengujian pada Mean Square Error.
Kata kunci: Data Mining, Persediaan, Forecasting, Single Moving Average, Exponential Smoothing, Mean Square Error, PHP, MySQL.


Ketersediaan

PA1457301034PA SIPerpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA SI
Penerbit Perpustakaan Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xiv, 85hlm.: 21cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA SI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this