No image available for this title

Proyek Akhir

Sistem Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Berbasis WEB Pada Tingkat Dasar



Banyak sekolah di Indonesia memiliki Bahasa Mandarin di dalam kurikulum resmi. Namun belum sebanding dengan jumlah guru Mandarinnya, seperti pada sekolah Bina Mitra Wahana (BMW) Pekanbaru yang hanya memiliki satu guru untuk mengajar seluruh siswa yang ada di sekolah BMW. Hal ini tentu menimbulkan kesulitan dalam pengaturan jadwal. Oleh karena itu, pada penelitian ini dirancang bangun sebuah media pembelajaran Bahasa Mandarin yang dapat menjadi alternative bagi siswa untuk belajar Mandarin tanpa face-to-face dengan gurunya. Media ini juga diharapkan lebih mudah dibandingkan dengan buku cetak. Media ini dikembangkan berbasis web dengan teknologi ASP.NET menggunakan Bahasa C#, database MySQL, serta dilengkapi dengan library Speech Recognition dari Google yaitu Web Speech API dan Speech Application Programming Interface (SAPI) dari Microsoft untuk fitur text-to-speech dan speechto-text. Media pembelajaran ini telah diuji menggunakan uji fungsionalitas dan usabilitas. Dari segi fungsional aplikasi 100% berjalan dengan baik, sedangkan pengujian usability testing terhadap 32 responden yang meliputi orang tua murid, kepala sekolah dan murid memperoleh 92,46% bahwa media pembelajaran ini berguna baik untuk sekolah BMW.

Kata kunci :Bahasa Mandarin, ASP.NET, C#, Speech Recognition, Web Speech API, Speech Application Programming Interface, Text-to-Speech, Speech-to-Text, Media Pembelajaran.


Ketersediaan

PA1457301088PA SIPerpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA SI
Penerbit Perpustakaan Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
x, 81hlm.: 21cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA SI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this