No image available for this title

Proyek Akhir

Rancang bangun mesin pembelah kelapa otomatis



ABSTRAK
Kelapa atau Cocos nucifer L. termasuk dalam genus Cocos dan dapat tumbuh dengan mudah di daerah tropis. Tanaman kelapa banyak ditemukan di daerah pantai karena memerlukan kelembaban yang tinggi. Buah kelapa berbentuk bulat panjang dengan ukuran kurang lebih sebesar kepala manusia. Melihat besarnya potensi kelapa tersebut banyak cara dalam pemanfaatannya, salah satunya industri rumahan yang setiap hari menjual santan. Berdasarkan survey yang dilakukan, industri rumahan tersebut setiap harinya harus memotong kelapa tua tanpa sabut sebanyak 350 buah/hari. Mayoritas penggiat industri tersebut masih menggunakan metode manual dalam memotong kelapa, cara tersebut tentu tidak efektif, oleh karena itu telah dibuat Rancang Bangun Mesin Pembelah Kelapa Otomatis.
Prinsip kerjanya yaitu kelapa dimasukan ke dalam saluran penampung, kemudian operator menghidupkan mesin, kemudian Motor Phase 1 aktif dan pisau mulai berputar, dan Motor phase 2 aktif sehingga pengangkut kelapa mulai berputar. kelapa akan otomatis terangkut dan kemudian terpotong. Pada Rancang bangun mesin pembelah kelapa otomatis ini menggunakan mata pisau berdiameter 35 cm dengan gigi 80 (A) dan 100 (B), 2 Variasi kecepatan yaitu 6,51 (1) dan 8,68 (2) rpm serta menggunakan pengangkut kelapa berbentuk seperti kipas yang memiliki 4 celah dengan diameter pengangkut sekitar 55 cm, sehingga ukuran umum kelapa di pasaran akan dapat terangkut kemudian terpotong. Pada Rancang bangun mesin pembelah kelapa otomatis ini, telah di lengkapi dengan jalur masuk kelapa otomatis dan rumah pembelah sehingga kelapa dapat masuk dan keluar dengan teratur.
Berdasarkan hasil pengujian, membelah kelapa secara manual membutuhkan waktu 7,14 detik, sedangkan pada proses otomatis membutuhkan waktu 3,27 – 3,33 detik (kec.1 mata pisau A dan B) dan 3,12 – 3,23 detik (kec.2 mata pisau A dan B). Mesin ini dapat mengasilkan 1.081 – 1.100 buah perjam nya pada kecepatan 1. Sedangkan pada kecepatan 2 yaitu sebanyak 1.114 – 1.153 buah perjamnya. Sedangkan untuk daya, mesin ini mengkonsumsi sebanyak 1.788,6 – 1.793 Watt di kecepatan 1. Sedangkan kecepatan 2 yaitu sebanyak 1.784,2 – 1.808,4 Watt.

Kata kunci: Kelapa, Motor Phase 1, Motor Phase 2, dan Mata Pisau


Ketersediaan

PA1721302021Perpustakaan PCRTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA TMS
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xi, 68 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA TMS
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this