No image available for this title

Kerja Praktik

Periodic Maintenance Komponen Dan Repair Undercarriage Pada Excavator Tipe Cat 320d2



Program kerja praktek (KP) merupakan salah satu program yang dirancang oleh Politeknik Caltex Riau sebagi salah satu syarat yang harus dilengkapi setiap Mahasiswa Politeknik Caltex Riau dalam mencapai gelar Sarjana Sains Terapan atau Ahli madya. program ini bertujuan untuk memperkenalakan mahasiswa pada dunia kerja yang sesungguhnya. dalam kerja praktek, mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh selama perkuliahan baik secara teoritis maupun secara praktek.
Teori dan Praktek yang telah didapatkan selama masa perkuliahan seperti Akademik, Soft skill, Hard skill serta Teamwork bisa saja berbeda dengan penerapan dilingkuan kerja sehingga mahasiswa diharapkan untuk memahami serta mengerti terhadap setiap situasi di lingkungan kerja yang bertujuan meminimalisir kesalahan dalam menghadapi setiap masalah yang ada pada dunia kerja. selain itu, Mahasiswa juga diharapkan memperoleh ilmu non akademis seperti: leadership, teamwork, menghargai setiap orang, belajar menyesuaikan diri dengan orang lain dengan perbedaan umur yang berbeda-beda, dan rasa tanggung jawab terhadap kewajiban yang telah diberikan. dengan tujuan tersebut maka penulis melaksanakan kerja praktek di PT. WahanakarsaSwandiri.
Pada kesempatan ini penulis melaksankan kerja praktek selama 4 bulan terhitung dari 07 Maret 2022 sampai dengan 07 Juli 2022 di PT.Wahanakarsa Swandiri di Pekanbaru. PT. Wahanakarsa Swandiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan perawatan. Jasa Konstruksi yang dilakukan berkaitan dengan pembangunan sarana dan prasarana, umumnya usaha jasa konstruksi yang ada di PT.Wahanakarsa Swandiri ini berbentuk seperti proyek pembangunan,fasilitas industri minyak dan gas,pembangunan infrastruktur, jaringan disrtibusi minyak dan gas dan lain sebagainya.Dalam Menjalankan sebuah proyek biasanya PT.Wahanakarsa Swandiri akan menggunakan alat berat guna untuk membantu kelancaran dalam menyelesaikan proyek.
Alat berat merupakan faktor penting di dalam proyek-proyek konstruksi dengan skala yang besar maupun kecil. Namun bila skala pekerjaan cukup besar berarti sangat membutuhkan kecepatan dalam pelaksanaan pekerjaan, maka pekerjaan tersebut dilakukan dengan cara mekanis atau dengan kata lain menggunakan bantuan tenaga mesin atau peralatan mekanis lainnya (alat-alat berat).
Alat berat dalam hal ini memiliki peranan penting dalam membantu keterbatasan tenaga manusia. Salah satu jenis alat berat yang digunakan oleh PT.Wahanakarsa Swandiri adalah excavator, excavator mampu menghandle berbagai macam pekerjaan alat berat lain. Bukan hanya itu, excavator juga dapat melakukan pekerjaan konstruksi yakni memuat ke dumptruck , membuat galian, membuka lahan, memecah batu, dan sebagainya.
PT.Wahanakarsa Swandiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan perawatan. Begitu banyak kegiatan perawatan ataupun perbaikan yang dilakukan, salah satunya adalah kegiatan perawatan komponen serta perbaikan yang dilakukan karena kerusakan pada komponen undercarriage pada excavator.Perawatan komponen pada excavator di PT.Wahanakarsa Swandiri rutin dilakukan ketika waktu pengoperasian excavator sudah mencapai 250 – 500 jam kerja. Perawatan yang rutin dilakukan yaitu mengganti oli mesin, membersihkan atau mengganti filter solar, filter oli, mengganti saringan hawa,menambahkan air baterai dan menambahkan gemuk (grease).
Undercarriage merupakan bagian bawah dari sebuah excavator yang berfungsi untuk menahan beban, mengarahkan, dan sebagai pendukung unit. Kerusakan komponen undercarriage excavator sangat berpengaruh pada performance unit dan berpengaruh terhadap keberhasilan suatu produksi yang diperoleh setiap jamnya oleh excavator. Berdasarkan hal itu timbul inisiatif penulis untuk membahas tentang perawatan komponen serta perbaikan kerusakan yang terdapat pada undercarriage excavator tipe cat 320d2 guna menambah pengetahuan tentang komponen dan meminimalkan kerusakan yang sama.


Ketersediaan

KP1821302036Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TMS
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
x, 64 hlm.; 20 x 14 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TMS
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this