No image available for this title

Kerja Praktik

Analisis Gangguan Yang Terjadi Pada Sistem Distribusi Jaringan Sutm 20 Kv Beserta Dampak Yang Ditimbulkan



Energi merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan manusia, karena semua kegiatan manusia membutuhkan energi. Dengan adanya energi, manusia dapat melakukan aktifitasnya dengan efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Salah satu energi yang paling banyak digunakan adalah energi listrik. Seiring bertambahnya pertumbuhan penduduk, maka permintaan akan pasokan energi listrik juga semakin meningkat. Sehingga diperlukan kualitas dan kontinuitas penyaluran energi listik kepada konsumen agar aktivitas masyarakat tidak terganggu.Bagian dari sistem tenaga listrik yang paling dekat dengan pelanggan adalah sistem distribusi. Untuk itu diperlukan sistem distribusi tenaga listrik dengan keandalan yang tinggi. Sistem yang mempunyai keandalan tinggi akan mampu memberikan tenaga listrik setiap saat dibutuhkan, sedangkan sistem mempunyai keandalan rendah bila tingkat ketersediaan tenaganya sering padam.
Sistem distribusi adalah salah satu komponen sistem tenaga listrik yang tidak lepas dari terjadinya gangguan atau kerusakan, gangguan atau kerusakan yang terjadi dalam sistem distribusi baik disebabkan oleh faktor dari dalam peralatan sendiri maupun faktor luar akan sangat memengaruhi keandalan sistem distribusi dalam menyalurkan energi listrik dan juga akan mengakibatkan terputusnya jaringan ke beban sehingga terjadi pemadaman. Peralatan yang terpasang dalam sistem distribusi juga harus andal dalam melakukan kerja sehingga dibutuhkan perawatan dan perbaikan maupun penggantian komponen agar gangguan akibat kerusakan didalam sistem dapat diminimalkan
Sistem distribusi yang dikelola oleh PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kota Barat Pekanbaru memiliki andil yang sangat besar dalam memberikan jaminan kualitas penyaluran energi listrik yang memenuhi standar baik secara teknis maupun non teknis kepada konsumen atau pelanggan.
Disamping terpenuhinya kualitas teknis diatas yang ditujukan konsumen, sistem juga harus memenuhi syarat lain terkait dengan operasi sistem yang ekonomis yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan pensuplay energi.
Oleh karena itu penting untuk memperdalam ilmu mengenai gangguan pada sistem distribusi, maka penulis memilih judul Kerja Praktek “Gangguan yang terjadi pada sistem distribusi 20 kV di PT Haleyora Power Rayon Kota Barat” yang disusun berdasarkan tinjauan pustaka dan studi lapangan. Sistem distribusi 20 kV ke konsumen dilakukan melalui jaringan berupa saluran udara tegangan menengah (SUTM) dan saluran kabel tegangan menengah (SKTM). Khusus SUTM , jaringan bisa ditarik sepanjang puluhan sampai ratusan Km termasuk percabangannya dan biasanya ada diluar kota besar. Seperti diketahui di Indonesia, jaringan dengan konduktor telanjang yang digelar di udara bebas banyak mengandung resiko terjadi gangguan hubung singkat fasa- fasa atau satu fasa-tanah. Seringnya gangguan hubung singkat di jaringan menyebabkan sering pula relay proteksi bekerja dan sesering itu pula trafo daya menderita pukulan hubung singkat yang dapat memperpendek umur trafo daya tersebut.


Ketersediaan

KP1820305014Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TL
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
vii, 49 hlm.; 20 x 14 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TL
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this