No image available for this title

Kerja Praktik

Peran Governor Dalam Sinkronisasi Genset



Energi merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu kebutuhan yang penting tersebut adalah energi listrik. Energi listrik merupakan salah satu sumber energi yang sangat besar pemanfaatannya terutama pada sektor industri yang mana sebagian peralatan pada industri menggunakan peralatan yang ditenagai oleh listrik seperti mesin listrik dan heater.
Untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut, maka beberapa industri memiliki pembangkit listrik independen. Hal ini dilakukan sebagai back-up suplai listrik ketika PLN padam, maupun sebagai penunjang operasional yang akan diaktifkan jika beban melebihi daya terpasang yang tersedia. Salah satu pembangkit independen yang sering diaplikasikan di industri adalah genset.
Genset (Generator set) merupakan perangkat kombinasi antara pembangkit tenaga listrik berupa generator dan mesin penggerak atau engine yang digabungkan dalam satu kesatuan unit untuk menghasilkan tenaga listrik. Mesin penggerak genset umumnya merupakan mesin pembakaran dalam berupa motor/mesin diesel yang berbahan bakar solar maupun berbahan bakar bensin.
pada keadaan tertentu, yang membutuhkan daya yang relatif besar, penggunaan genset tidak cukup satu unit. Maka dalam pengoprasiannya beberapa genset perlu di pararel.
Dalam mempararel genset dengan genset, maupun genset dengan sumber pembangkit lain memerlukan suatu proses yang disebut sinkronisasi. salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan dalam proses sinkronisasi adalah frekuensi. Frekuensi antara pembangkit / genset yang disinkronkan harus sama.
Bedasarkan penjabaran diatas, untuk mengatur agar frekuensi antar genset sama, maka digunakan sistem pengatur kecepatan pada mesin genset yang mana putaran mesin akan mempengaruhi frekuensi yang di keluarkan. Alat yang berperan dalam menyelaraskan frekuensi genset ini dinamakan governor. Maka pada laporan kerja praktek ini akan di bahas tentang ”Peran Governor Dalam Sinkronisasi Genset”. Dengan adanya laporan ini diharapkan mahasiswa akan lebih memahami fungsi governor dalam proses sinkronisasi.


Ketersediaan

KP1820305008Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TL
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
viii, 63 hlm.; 20 x 14 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TL
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this