No image available for this title

Kerja Praktik

Maintenance DC Welding Generator Tipe Miller Big Blue 600x



Berdasarkan penemuan benda-benda sejarah, dapat diketahui bahwa teknik penyambungan logam telah diketahui sejak jaman prasejarah, misalnya pembrasingan logam paduan emas tembaga dan pematrian paduan timbal-timah. Menurut keterangan yang didapat telah diketahui dan dipraktikan dalam rentang waktu antara tahun 40000 sampai 30000 SM. Sumber energi panas yang digunakan waktu itu diduga dihasilkan dari pembakaran kayu atau arang, tapi panas yang dihasilkan pembakaran dari bahan bakar itu sangat rendah, sehingga teknik penyambungan ini tidak dikembangkan lebih lanjut. Pemeliharaan preventif adalah pemeliharaan yang dilakukan pada selang waktu tertentu dan pelaksanaannya dilakukan secara rutin dengan beberapa instrument yang dilakukan sebelumnya. Tujuannya untuk mencegah dan mengurangi kemungkinan suatu komponen tidak memenuhi kondisi normal. Pekerjaan yang dilakukan dalam pemeliharaan preventif adalah mengecek, melihat, menyetel, mengkalibrasi, melumasi, dan pekerjaan lain yang bukan penggantian suku cadang berat.
Kemajuan-kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang dicapai sampai dengan tahun 1950, telah mulai mempercepat lagi kemajuan dalam bidang las. Pada masa ini telah ditemukan cara-cara baru dalam pengelasan antara lain las tekan dingin, las listrik terak, las busur dengan pelindung CO2, las gesek, las busur plasma dan masih banyak lagi. (Wikipedia.org, 2016)
Arus listrik yang digunakan untuk memperoleh nyala busur listrik adalah arus searah. Arus searah ini berasal dari mesin berupa dynamo motor listrik searah. Dinamo dapat digerakkan oleh motor listrik, motor bensin, motor diesel, atau alat penggerak yang lain. Mesin arus yang menggunakan motor listrik sebagai penggerak mulanya memerlukan peralatan yang berfungsi sebagai penyearah arus. Penyearah arus atau rectifier berfungsi untuk mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC)
PT. Wahanakarsa Swandiri merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak dibidang kontruksi dimana perusahaan ini dibawahi oleh PT Pertamina Hulu Rokan. PT Wahanakarsa Swandiri perusahaan konstruksi yang mengerjakan beberapa proyek untuk perpipaan, mekanis, listrik , sipil pekerjaan tanah. Perusahaan ini sendiri juga mengutamakan hasil dan kualitas yang teruji untuk beberapa hasil yang telah diselesaikan selama beberapa proyek yang dilaksanakan.
Pelaksanaan Kerja Praktik (KP) pada Program Studi Teknik Mesin merupakan program yang diterapkan oleh Politeknik Caltex Riau sebagai salah satu syarat yang harus dilengkapi oleh setiap mahasiswa Politeknik Caltex Riau untuk mencapai gelar Sarjana Sains Terapan atau Ahli Madya. Kerja praktik ini adalah mata kuliah wajib yang pelaksanaannya dilakukan selama 4 bulan yang mana dilaksanakan pada tanggal 07 maret 2022 sampai dengan 07 juli 2022. Melalui kerja praktik ini diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari kampus baik secara teori maupun praktikum perusahaan tempat kerja praktik , sehingga dapat menganalisa suatu keadaan untuk mencari alternatif solusi 2 pada saat bekerja, serta diharapkan mahasiswa mampu bertangungjawab, memiliki jiwa kepimpinan (leadearship), kerjasama (teamwork) dan bersosialisasi pada pekerja diperusaahan tempat mangang sehingga mahasiswa dapat memahami gambaran mengenai dunia kerja.
Melalui kerja praktek ini mahasiswa diharapkan dapat menerapkan teori-teori yang sudah di berikan pada saat perkuliahan di Politeknik Caltex Riau yang akan digunakan untuk menganalisa dan memecahkan masalah yang ada di lapangan dan memperoleh pengalaman selama kerja praktek yang akan di terapkan dalam dunia kerja. Maka dari itu, pada laporan kerja praktik ini akan membahas Maintanance DC Welding Generator untuk jangka pemakaian yang lebih awet.


Ketersediaan

KP1821302030Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP TMS
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
viii, 51 hlm.; 20 x 14 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KP TMS
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this