No image available for this title

Proyek Akhir

Rancang Bangun Mesin Pemisah Sabut Kelapa Menjadi Cocopeat dan Cocofiber



Buah kelapa adalah jenis tumbuhan aren-arenan atau Arecacaea merupakan tanaman yang serbaguna karena hampir dari seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan oleh manusia. Sabut kelapa merupakan salah satu bagian dari buah kelapa yang kurang dimaksimalkan manfaatnya maupun kegunaannya. Pengolahan sabut kelapa diharapkan dapat menjadi nilai tambah ekonomi bagi para petani buah kelapa. Berdasarkan survei permasalahan yang terjadi pada perkebunan kelapa, maka dirancanglah Mesin Pemisah Sabut Kelapa menjadi Cocopeat dan Cocofiber.
Mesin pemisah sabut kelapa menjadi cocopeat dan cocofiber ini terdiri dari komponen komponen utama berupa poros pemukul sabut dan pemisah sabut, tabung tempat poros pemukul dan pemisah sabut bekerja, engine diesel 8 Hp dan transmisi sabuk (v-belt).
Diawal pengoperasian mesin ini engine diesel berputar diteruskan oleh sabuk (v-belt) untuk memutar poros pemukul dan pemisah sabut dengan variabel Rpm 1000 dan Rpm1200. Sabut kering dan sabut basah dimasukkan melalui hopper pada bagian atas tabung. Sabut yang masuk kedalam tabung diawal prosesnya dikenai gaya melalui poros pemukul yang berputar, proses ini berguna untuk melunakkan bagian luar sabut dan memecahkan bagian sabut yang keras.
Proses ini juga mendorong sabut kebagian pengurai sabut Pisau pengurai sabut berupa besi strip dengan tebal 8 mm dan panjang 150 mm dengan jumlah mata pisau sebanyak 15 buah. Pisau pengurai ini tersusun secara helix. Susunan pisau helix ini menguraikan sabut kelapa menjadi cocopeat dan cocofiber secara kontinu. Cocopeat dan cocofiber ini keluar melalui outlet dimana outlet cocopeat berada didepan mesin sedangkan outlet cocofiber berada dibagian belakang mesin.
Pengujian menunjukkan bahwa hasil terbaik kinerja mesin ini didapatkan pada Rpm 1200 dengan menggunakan sabut kelapa basah dengan kapasitas 83,16 kg/jam.

Kata kunci: Sabut kelapa, cocopeat, cocofiber, mesin diesel, mata pisau pengurai.


Ketersediaan

PA1821302005Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA TMS
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xvi, 123 hlm.; 20.5 x 14.5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA TMS
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this