No image available for this title

Proyek Akhir

Rancang Bangun Mesin Pemeras Tebu Dengan Empat Roller



Pada penelitian ini akan dirancang mesin pemeras air tebu dengan 4 roller. Roller pertama mengunakan roller bergerigi agar bisa memecah tebu dan mendorong tebu menuju Roller 3 dan 4. Roller 3 dan 4 menggunakan Roller yang tidak bergerigi hal itu dilakukan untuk menghasilkan pemerasan yang maksimal sehinga tebu bisa terperas hinga kering. Perancangan mesin pemeras air tebu ini bertujuan memudahkan para wirausaha dalam melakukan pemerasan air tebu dengan tingkat keamanan dalam pengoprasiannya yang lebih baik, dan mudah dimengerti pengoprasiannya oleh semua orang.
Perancangan mesin pemeras air tebu ini menggunakan 4 Roller dan terdapat penyaringan serbuk bertujuan memisahkan air tebu dengan serat tebu yang sudah diperas. Pada sistem pergerakan mekanik menggunakan motor AC sebagai sumber putaran kemudian putaran dari motor dialirkan melalui sabuk-v ke puli utama, kemudian output dari puli utama diteruskan kepuli poros Roller pemeras air tebu yang terletak diujung poros Roller menggunakan sabuk-v. jarak antara Roller 1 dan Roller 2 bisa diatur celah jarak yang diinginkan agar bisa menghasilkan pemerasan yang maksimal.
Pada perancangan menggunakan motor 2 Hp dan 1500 Rpm dengan gearbox 1:60 dengan mendapatkan putaran roller 25 Rpm dan celah yang digunakan ada tiga macam yang pertama yaitu celah roller 1&2 15 mm dan roller 3&4 10 mm menghasilkan 240 ml, untuk celah roller 1&2 17 mm dan roller 3&4 12 mm menghasilkan 180 ml dan untuk celah roller 1&2 19 mm dan roller 3&4 14 mm menghasilkan 100 ml.
Kata kunci : Tebu, motor ac, Roller pemeras tebu, puli, sabuk-v, jaring kawat.


Ketersediaan

PA1821302017Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA TMS
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xv, 71 hlm.; 20.5 x 14.5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA TMS
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this