No image available for this title

Proyek Akhir

Rancang Bangun Mesin Pengupas Sabut Kelapa Menggunakan Sistem Penekan Karet Berotasi



Kelapa adalah tanaman serbaguna karena setiap bagian tanaman bermanfaat bagi manusia, sehingga tanaman kelapa dijuluki “ Tree of Life ” karena dibeberapa negara berkembang banyak yang menggantungkan kehidupannya pada tanaman kelapa sebagai sumber makanan, minuman, bahan bangunan, rumah, obat-obatan, kerajinan tangan, bahkan kelapa juga dijadikan bahan baku pada sejumlah industri penting seperti kosmetik, sabun, dan lain-lain.
Pengujian yang telah dilakukan pada mesin penguapas sabut kelapa ini, menghasilkan kapasitas produksi maksimal 101 buah/jam, dan idealnya kecepatan poros pengupas yaitu 15 rpm. Mesin penggerak yang digunakan adalah mesin diesel dengan daya 8 Hp. Ketebalan sabut kelapa yang dikupas pada pengujiaan mesin pengupas sabut kelapa ini, sekitar ± 45 mm – 65 mm.
Cara pengoperasian alat ini sangat mudah yaitu dengan meletakkan kelapa tua yang akan dikupas diatas poros pengupas atau diantara poros karet penekan berotasi, ketika karet penekan berputar mendekati poros pengupas masukkan kelapa, kemudian lepaskan kelapa maka kelapa akan terkupas.
Sistem Transmisi atau pemindah tenaga pada mesin pengupas kelapa ini, mengunakan transmisi sabuk-V, dengan perbandingan puli 1:2, trasmisi rantai 1:2 dengan sproket 15 T pada ouput gearbox dan 30 T mata pada poros pengupas, spur gear 1 : 1 pada poros pengupas 1 dan poros pengupas 2

Kata kunci : Kelapa tua, Motor diesl, Poros Pisau Pengupas, Poros Karet Penekan Berotasi, Transmisi Sabuk-V, Transmisi Rantai, Gearbox 1:30, dan Spur Gear.


Ketersediaan

PA1821302022Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA TMS
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xiv, 101 hlm.; 20.5 x 14.5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA TMS
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this