No image available for this title

Proyek Akhir

Rancang Bangun Mesin Sari Buah Nenas Dengan Menggunakan Metode Screw Conveyor



Nanas merupakan bahan utama dalam proses pembuatan minuman sari buah nanas, sehingga berdasarkan fungsinya diperlukan untuk memisahkan sari buah dan daging buah nanas. Proses pemisahan sari buah ini menggunakan metode screw conveyor, berdasarkan survei lapangan yang telah dilakukan masih banyak pedagang kaki lima yang menggunakan mesin blender, sehingga hasil yang didapat daging buah tercampur dengan sari nanas maka dibutuhkan mesin yang dapat memisahkan sari nanas dan daging nanas.
Perancangan mesin sari buah metode screw conveyor ini bertujuan untuk mempermudah dalam proses pemisahaan sari nanas yang akan digunakan sebagai pembuatan jus. “Rancang Bangun Mesin Sari Buah Metode Screw Conveyor” akan dirancang dengan menggunakan motor AC dengan daya 2 Hp, dengan poros screw conveyor sebagai pembawa dan pemeras buah nanas sehingga menghasilkan sari nanas. Pada sistem penggerak untuk menaikan torsi dari motor AC menggunakan gearbox 1:30 dan menggunakan transmisi rantai untuk penerus daya dari gearbox sehingga poros screw conveyor dapat berputar.
Kapasitas mesin pengepras sari buah nenas adalah 3 kg dalam sekali proses pengepresan. Hasi sari yang didapatkan adalah 2,04 kg dari pengerasan maksimal dan ampas nenas nya adalah 0,920 kg mengguanakan 23 Rpm screw conveyor dan lama pengepresan 4 menit 17 detik. Dari proses pengepresan sari buah nenas didapatkan hasil proses pengerasan yang baik untuk memisahkan sari nenas dengan ampasnya.

Kata kunci: Nanas, Poros screw conveyor, Motor AC, Gearbox, puli, Sari Nenas, Ampas.


Ketersediaan

PA1821302029Perpustakaan PCR (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PA TMS
Penerbit Pustaka Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.,
Deskripsi Fisik
xi, 72 hlm.; 20.5 x 14.5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PA TMS
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this